(1) Banyak Orang Yang Tidak Mengetahui Bahwa Tanggal 5 Juni Diperingati Sebagai Hari Lingkungan Hidup. (2) Lingkungan Sebagai Hal Paling Vitality Untuk Manusia Memang Patut Mendapat Perhatian Lebih Dibanding Aspek Lainnya. (3) Hal Itu Perlu Dilakukan Karena Lingkungan Memiliki Dampak Yang Besar Terhadap Keberlangsungan Hidup Manusia. (4) Lingkungan Yang Baik Dan Sehat Tentu Akan Memberi Dampak Yang Positif Untuk Manusia, Sedangkan Lingkungan Yang Tidak Sehat Akan Berdampak Sebaliknya. (5) Oleh Sebab Itu, Wajar Jika Ada Banyak Gerakan Yang Mendorong Perbaikan Terhadap Lingkungan. Di Antaranya Membiasakan Untuk Mengurangi Limbah Plastik Dan Gerakan Menanam Pohon.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup. (2) Lingkungan sebagai hal paling vitality untuk manusia memang patut mendapat perhatian lebih dibanding aspek lainnya. (3) Hal itu perlu dilakukan karena lingkungan memiliki dampak yang besar terhadap keberlangsungan hidup manusia. (4) Lingkungan yang baik dan sehat tentu akan memberi dampak yang positif untuk manusia, sedangkan lingkungan yang tidak sehat akan berdampak sebaliknya. (5) Oleh sebab itu, wajar jika ada banyak gerakan yang mendorong perbaikan terhadap lingkungan. Di antaranya membiasakan untuk mengurangi limbah plastik dan gerakan menanam pohon.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia memiliki makna yang dalam mengenai kesadaran individu untuk mengambil tindakan demi kelangsungan bumi. Adapun cara yang dilakukan setiap negara dalam memperingati hari ini berbeda-beda, tergantung kondisi lingkungan masing-masing. Berikut adalah bentuk perayaan beberapa negara setiap tahunnya.

• Indonesia: tepatnya di provinsi Papua, masyarakatnya melakukan aksi mengenai gaya hid up yang ramah lingkungan, pengenalan berbagai isu konservasi, penanaman pohon, serta aksi sungai bersih.

• Singapura: masyarakatnya menerapkan prinsip untuk mengurangi penggunaan energi yang digunakan, terutama di tempat kerja. Singapura menamai hari ini sebagai Eco Action Day.

• Spanyol: masyarakatnya melakukan aksi pembersihan di area pantai. *Sehingga aksi tersebut tidak hanya melibatkan warga negara Spanyol,* melainkan para wisatawan yang mengunjungi pantai. Hal ini juga dimaksudkan agar anak-anak memiliki kesadaran terhadap lingkungan sejak dini. Contoh sederhananya adalah membuang sampah pada tempatnya.

• Nepal: bersama dengan SOS Children menggelar perlombaan untuk anak-anak mengenai lingkungan. Ada pula pemberian beasiswa kepada 15 siswa yang mampu memberi kontribusi paling besar terhadap kondisi lingkungan.
Sumber: http://prcfindonesia.org/sejarah-hari-lingkungan-hidup-sedunia/ dengan penyesuaian

Penulisan kalimat bertanda kutip menjadi benar jika diperbaiki dengan cara ….
A. menghilangkan kata hanya
B. menghilangkan kata sehingga
C. mengganti kata hanya dengan saja
D. menambahkan tanda kama (,) setelah kata sehingga
E. menghilangkan tanda baca kama (,) sebelum kata melainkan

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah pilihan B.

Konsep soal di atas termasuk pengetahuan dan pemahaman umum bacaan.

Pada bacaan di atas terdapat satu kalimat yang perlu diperbaiki, yakni “Sehingga aksi tersebut tidak hanya melibatkan warga negara Spanyol.” Pemilihan kata ‘sehingga’ di awal kalimat tidaklah tepat karena tidak termasuk konjungsi antarkalimat dan kata tersebut tidak diperlukan karena jika dihilangkan tidak mengubah maksud kalimat.

Perbaikan dari kalimat tersebut ialah “Aksi tersebut tidak hanya melibatkan warga negara Spanyol.”

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment