(1) Dr. Rupali Datta Mengemukakan Bahwa Konsumsi Air Hangat Sangat Bagus Untuk Pembersihan Sistem Pencernaan Internal. (2) Tujuannya Adalah Mengatur Pergerakan Usus Dan Mencegah Sembelit (3) Berkaitan Dengan Pencernaan, Minum Air Hangat Di Pagi Hari Membantu Meningkatkan Fungsi Hati Dan Ginjal Sebagai Organ Utama Metabolisme Untuk Membantu Menghancurkan Zat Makanan (4) Oleh Karena Itu, Tubuh Menjadi Lebih Segar Saat Memulai Aktivitas (4) Seorang Ahli Gizi, Anju Sood Menjelaskan Apabila Mengkonsumsi Air Hangat, Tubuh Akan Bekerja Lebih Keras Untuk Menurunkan Suhunya.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Dr. Rupali Datta mengemukakan bahwa konsumsi air hangat sangat bagus untuk pembersihan sistem pencernaan internal. (2) Tujuannya adalah mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit (3) Berkaitan dengan pencernaan, minum air hangat di pagi hari membantu meningkatkan fungsi hati dan ginjal sebagai organ utama metabolisme untuk membantu menghancurkan zat makanan (4) Oleh karena itu, tubuh menjadi lebih segar saat memulai aktivitas (4) Seorang ahli gizi, Anju Sood menjelaskan apabila mengkonsumsi air hangat, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya.

Kalimat tidak baku dalam teks tersebut ditunjukan oleh nomor…
a.(1) b.(2)
c.(3) d.(4)

Jawaban:

Kalimat tidak baku adalah kalimat yang sidak esuai dengan kaidah bahasa Indonesia, meliputi kaidah dalam ejaan, struktur kalimat, hingga pemilihan kata.

Penulis pada teks tersebut membahas manfaat konsumsi air hangat untuk pembersihan sistem pencernaan internal. Tujuannya adalah mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Kalimat tidak baku dalam teks tersebut ditunjukan oleh nomor (4), yaitu kata “mengkonsumsi”. Hal ini sesuai dengan kaidah , yaitu “Kata dasar yang diawali huruf k, t, s, dan p akan melebur jika diberi imbuhan me-dan pe- serta huruf kedua berupa huruf vokal.” Kata baku untuk “mengkonsumsi” adalah “mengonsumsi”.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment