(1 ) Globalisasi Menjadi Tantangan Untuk Semua Aspek Kehidupan Termasuk Kebudayaan. (2) Era Global Menuntut Kesiapan Kita Untuk Siap Berubah Menyesuaikan Perubahan Zaman Dan Mampu Mengambil Setiap Kesempatan. (3) Budaya Tradisional Di Indonesia Sebenarnya Lebih Kreatif Dan Tidak Bersifat Meniru, Namun Yang Menjadi Masalah Adalah Bagaimana Mempertahankan Jati Diri Bangsa. (4) Sebagai Contoh Sederhana, Budaya Gotong Royong Di Indonesia Saat Ini Hampir Terkikis Habis, Yang Digantikan Oleh Sikap Individual Dan Tidak Peduli Kepada Orang Lain. (5) Perlu Dipikirkan Agar Kebudayaan Kita Tetap Dapat Mencerminkan Kepribadian Bangsa.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1 ) Globalisasi menjadi tantangan untuk semua aspek kehidupan termasuk kebudayaan. (2) Era global menuntut kesiapan kita untuk siap berubah menyesuaikan perubahan zaman dan mampu mengambil setiap kesempatan. (3) Budaya tradisional di Indonesia sebenarnya lebih kreatif dan tidak bersifat meniru, namun yang menjadi masalah adalah bagaimana mempertahankan jati diri bangsa. (4) Sebagai contoh sederhana, budaya gotong royong di Indonesia saat ini hampir terkikis habis, yang digantikan oleh sikap individual dan tidak peduli kepada orang lain. (5) Perlu dipikirkan agar kebudayaan kita tetap dapat mencerminkan kepribadian bangsa.

(6) Dalam era globalisasi, kebudayaan tradisional mulai mengalami erosi. (7) Semua orang, terutama anak muda, lebih senang menghabiskan waktunya mengakses internet daripada mempelajari tarian dari kebudayaan sendiri. (8) Orang akan merasa bangga ketika dapat meniru gaya berpakaian orang barat dan menganggap budayanya ketinggalan. zaman. (9) Globalisasi akan selalu memberikan perubahan. (10) Oleh karena itu, harus meneliti apakah berbagai budaya yang masuk tersebut bersifat positif atau negatif.
(Diadaptasi dari http://www.budaratradisionalindonesia.blogspot.co.idl)

Kalimat manakah yang merupakan simpulan dari isi teks di atas?
(A) Budaya tradisional Indonesia orisinil dan kreatif.
(B) Kebudayaan tradisional perlu dipertahankan.
(C) Globalisasi menggerus kebudayaan tradisional.
(D) Budaya gotong royong di Indonesia terkikis habis.
(E) Generasi muda mengidolakan budaya Barat.

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah C.

Penjelasan:

Simpulan merupakan kesudahan pendapat atau pendapat terakhir yang didasarkan pada uraian-uraian sebelumnya. Paragraf pertama teks di atas membahas globalisasi yang menjadi tantangan untuk semua aspek kehidupan, termasuk kebudayaan. Dalam paragraf pertama, dijelaskan contoh kebudayaan tradisional yang mulai luntur akibat globalisasi.

Paragraf kedua menjelaskan lebih lanjut bahwa kebudayaan tradisional mulai mengalami erosi dalam era globalisasi. Dengan demikian, kalimat yang paling tepat untuk menjadi simpulan teks di atas adalah Globalisasi menggerus kebudayaan tradisional.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment