(1) Jenderal Andika Perkasa Resmi Menyerahkan Tugas Dan Tanggung Jawab Jabatan Kepala Staf Angatan Darat

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Jenderal Andika Perkasa resmi menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan Kepala Staf Angatan Darat
(KSAD) kepada Jenderal Dudung Abdurachman melalui upacara serah terima jabatan (sertijab) yang digelar di lantai dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Jumat 19 November 2021. (2) Kegiatan tersebut dilaksanakan internal. (3) Upacara yang dipimpin oleh Jenderal Andika tersebut, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan serah terima jabatan, penyematan tanda jabatan, penyerahan panji-panji TNI Angkatan Darat dari Andika Perkasa kepada Dudung Abdurachman, serta penandatangan berita acara serah terima.

(4) Andika Perkasa sendiri sekarang menjabat sebagai Panglima TNI. (5) Pelantikannya sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang telah memasuki masa pensiun dilakukan pada Rabu, 17 November lalu. (6) Komisi I DPR RI pun menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI usai mendengarkan paparannya lewat fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan pada Sabtu 6 November 2021 bersama komisi I DPR RI. (7) Andika Perkasa dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 106 tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. (8) Sebelum Andika Perkasa dilantik sebagai Panglima TNI, sempat mencuat wacana perpanjangan masa jabatan Panglima TNI. (9) Hal ini dikarenakan masa jabatan Andika hanya sekitar 13 bulan lantaran akan memasuki masa pensiun pada Desember 2022. (10) Namun, Jenderal TNI Andika Perkasa enggan berkomentar mengenai hal tersebut. (11) beliau lebih fokus untuk mengevaluasi penanganan konflik di Bumi Cendrawasih.

Pilihan kata yang tidak tepat terdapat pada kata?
(A) sertijab pada kalimat (1)
(B) internal pada kalimat (2)
(C) fit and proper test pada kalimat (6)
(D) dikarenakan pada kalimat (9)
(E) Bumi Cendrawasih pada kalimat (11)

Jawaban:

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah C.

Penjelasan:

Salah satu hal yang diperlukan dalam membuat kalimat adalah menentukan pilihan kata yang tepat. Pilihan kata tersebut harus sesuai dengan aturan penulisan menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Pilihan kata yang tidak tepat terdapat pada kata ‘fit and proper test’ pada kalimat (6). Kata ‘fit adan proper test’ merupakan kata dalam bahasa asing sehingga penulisannya harus menggunakan huruf miring. Hal ini sesuai dengan aturan yang terdapat dalam PUEBI, yaitu “Huruf miring dipakai untuk menuliskan kata atau ungkapan dalam bahasa daerah atau bahasa asing.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment