(1) Karena Udara Di Luar Ruangan Yang Tidak Sehat Itu, Sebagian Orang Lebih Memilih Untuk Tinggal Dan Menghabiskan Waktunya Dalam Ruangan. (2) Namun, Ternyata Kualitas Udara Di Dalam Ruangan Pun Tidaksepenuhnya Baik Dan Bebas Dari Polusi. (3) Studi Dari Environmental Protection Agency (epa) Membuktikan, Level Polutan Di Dalam Ruangan 2-5 Kali Lebih Tinggi Dari Polutan Di Luar Ruangan, Terkadang Bisa 100 Kali Lebih Tinggi.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Karena udara di luar ruangan yang tidak sehat itu, sebagian orang lebih memilih untuk tinggal dan menghabiskan waktunya dalam ruangan. (2) Namun, ternyata kualitas udara di dalam ruangan pun tidaksepenuhnya baik dan bebas dari polusi. (3) Studi dari Environmental Protection Agency (EPA) membuktikan, level polutan di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan, terkadang bisa 100 kali lebih tinggi.

(4) Penyebab utama masalah kualitas udara di dalam rumah adalah sumber polutan yang melepas gas atau partikel ke udara. (5) Beberapa contoh sumber polutan yakni, asap rokok, material bangunan, hingga perabot rumah tangga. (6) Berangkat dari situ, masyarakat yang hidup di kota besar seperti Jakarta membutuhkan sistem ventilasi agar terjadi pertukaran antara udara dalam ruangan dan udara luar ruangan.

(7) Sayangnya, lubang tempat pertukaran udara itu pun bisa menjadi pintu masuk polusi dari luar ruangan. (8) Karena itu, kegiatan bersepeda di pagi hari sangat membantu untuk mengurangi stres dan risiko penyakit jantung. (9) Penggunaan kipas angin atau penjernih udara dapat menjadi solusi jangka pendek untuk menjaga kualitas udara di ruangan. (10) Pilihan lainnya adalah tinggal di ruangan atau rumah dengan memiliki sistem sirkulasi udara baik.

Sumber: www.lifestyle.kompas.com

34. Pernyataan yang TIDAK sesuai dengan isi bacaan tersebut adalah …
(A) Kualitas udara di dalam ruangan pun tidak sepenuhnya baik dan bebas dari polusi.
(B) Level polutan di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan.
(C) Penyebab utama masalah kualitas udara di dalam rumah adalah sumber polutan yang melepas gas atau partikel ke udara.
(D) Contoh sumber polutan yakni, asap rokok, material bangunan, asap kayu bakar, hingga perabotan rumah tangga.
(E) Penggunaan kipas angin atau penjernih udara dapat menjadi solusi jangka pendek untuk menjaga kualitas udara di ruangan.

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Penjelasan:

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks merupakan pernyataan yang memiliki makna yang berbeda dengan teks atau tidak terdapat di dalam teks. Perbedaan atau pertentangan tersebut terdapat baik secara tersirat maupun tersurat bergantung dari makna kalimat yang dihasilkan. Kesesuaian pernyataan dapat ditentukan dengan membandingkan antara opsi dan teks yang tertera.

Paragraf tersebut membahas mengenai kualitas udara di dalam ruangan tidak sepenuhnya baik dan bebas dari polusi. Pernyataan yang tidak sesuai dengan paragraf tersebut adalah “Contoh sumber polutan yakni, asap rokok, material bangunan, asap kayu bakar, hingga perabotan rumah tangga.” Hal tersebut tidak sesuai dengan kalimat (5) “Beberapa contoh sumber polutan yakni, asap rokok, material bangunan, hingga perabot rumah tangga.” Kalimat tersebut menyatakan asap kayu bakar tidak termasuk ke dalam contoh sumber polutan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment