(1) Kemajuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Belum Banyak Dinikmati […] Kaum Perempuan […] Anak Perempuan Di Dunia. (2) Jumlah Perempuan Yang Mengakses Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Termasuk Teknologi Digital, Masih Sangat Terbatas Dibandingkan Dengan Laki-laki. (3) Dibandingkan Dengan Pria, Hanya Sekitar 33 Persen Perempuan Yang Menggunakan Internet […] Bekerja. (4) Secara Global, Baru Sekitar 250 Juta Perempuan Yang Mengakses Teknologi Informasi Dalam Jaringan (daring), 1,7 Milyar Perempuan Tak Memiliki Telepon Genggam, Dan Perempuan Yang Menggunakan Koneksi Internet Kurang Dari 50 Persen Dari Laki-laki.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi belum banyak dinikmati […] kaum perempuan […] anak perempuan di dunia. (2) Jumlah perempuan yang mengakses teknologi informasi dan komunikasi, termasuk teknologi digital, masih sangat terbatas dibandingkan dengan laki-laki. (3) Dibandingkan dengan pria, hanya sekitar 33 persen perempuan yang menggunakan internet […] bekerja. (4) Secara global, baru sekitar 250 juta perempuan yang mengakses teknologi informasi dalam jaringan (daring), 1,7 milyar perempuan tak memiliki telepon genggam, dan perempuan yang menggunakan koneksi internet kurang dari 50 persen dari laki-laki.

(5) Minimnya angka tersebut disebabkan oleh berbagai kondisi. (6) Faktor-faktor tersebut antara lain minimnya pengetahuan, kondisi sosial ekonomi dan letak geografis, serta norma sosial. (7) Selama ini, perempuan mengalami beban ganda. (8) Bahkan, perempuan di wilayah perdesaan bertanggungjawab untuk semua urusan rumah tangga. (9) Kesetaraan jender belum tampak pada konteks ini.

{10} Kesenjangan dalam mengakses teknologi digital ini bisa menjadi ancaman bagi kemajuan ekonomi, politik, dan sosial. (11) Dunia membutuhkan teknologi inovatif, internet yang dapat diakses dan dioperasikan dengan mudah, dapat diandalkan, serta aman untuk semua orang, termasuk perempuan. (12) Sudah saatnya kesenjangan tersebut diatasi.

7. Kalimat nomor (6) dapat disunting dengan cara …
(A) menghilangkan kata dan
(B) menambahkan tanda kama (,) setelah kata sosial
(C) menambahkan tanda titik dua (:) setelah kata lain
(D) menambahkan tanda kama L) setelah kata dan
(E) menambahkan kata disebabkan setelah kata lain

Jawaban:

Jawaban dari soal di atas adalah C.

Penjelasan:

Ejaan adalah penggambaran bunyi bahasa dalam tulisan serta penggunaan tanda baca.

Tanda titik dua (:) merupakan tanda baca yang dilambangkan dengan dua titik berukuran sama yang diletakkan satu di atas yang lain, atau diletakkan di tengah garis vertikal yang sama. Dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), tanda titik dua dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkap yang diikuti pemerincian atau penjelasan.

Berdasarkan pemaparan tersebut, kalimat nomor (6) dapat disunting dengan cara menambahkan tanda titik dua (:) setelah kata lain karena kalimat tersebut terdapat pemerincian atau penjelasan tentang faktor-faktor minimnya jumlah perempuan yang mengakses teknologi informasi. Hal ini dibuktikan oleh kalimat (6) yang berbunyi “Faktor-faktor tersebut antara lain minimnya pengetahuan, kondisi sosial ekonomi dan letak geografis, serta norma sosial.” sehingga perbaikan kalimat tersebut menjadi “Faktor-faktor tersebut antara lain: minimnya pengetahuan, kondisi sosial ekonomi dan letak geografis, serta norma sosial.”

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment