(1) Kepala Pusat Pendayagunaan Lnformatika Dan Kawasan Strategis Nuklir (ppiksn), Roziq Himawan Mengatakan, Badan Tenaga Nuklir Nasional (batan) Menargetkan [ … ] Sistern Pemantauan Zat Radioaktif Selesai Pada 2022. (2) Sebagai Informasi, Saat Ini Batan Memang Sedang Mengembangkan Sistem Pemantauan Zat Radioaktif Terintegrasi. (3) Tahapan Yang Akan Dilaksanakan Pada Tahun Ini Adalah Pembenahan Standar Operasional Prosedur, Pengembangan Sistem Informasi Untuk Memantau Portal Monitor Radiasi, Dan Pemasangan Dua Unit Portal Monitor Radiasi. (4) Adapun Tujuan Dari Hal Tersebut Adalah Untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Atas Keselamatan Zat Radioaktif Yang Digunakan Atau [ … ) Di Batan, Serta Sebagai Pembuktian Kemampuan Batan Dalam Mengembangkan Sistem.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Kepala Pusat Pendayagunaan lnformatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN), Roziq Himawan mengatakan, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menargetkan [ … ] sistern pemantauan zat radioaktif selesai pada 2022. (2) Sebagai informasi, saat ini Batan memang sedang mengembangkan sistem pemantauan zat radioaktif terintegrasi. (3) Tahapan yang akan dilaksanakan pada tahun ini adalah pembenahan standar operasional prosedur, pengembangan sistem informasi untuk memantau portal monitor radiasi, dan pemasangan dua unit portal monitor radiasi. (4) Adapun tujuan dari hal tersebut adalah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat atas keselamatan zat radioaktif yang digunakan atau [ … ) di Batan, serta sebagai pembuktian kemampuan Batan dalam mengembangkan sistem.

(5) “Pengembangan sistem ini sekaligus menjadi prototipe lapangan. (6) Kalau berhasil beroperasi dalam waktu lama, sistem ini dapat [ … ] pad a instalasi lain di Batan atau yang memiliki tugas dan tanggung jawab mengawasi [ … ] zat radioaktif;’ kata Roziq. (7) Di sisi lain, pengembangan sistem pemantauan zat radioaktif oleh Batan juga dilakukan untuk memberi ketenangan dan kepastian kepada masyarakat, bahwa zat radioaktif di Kawasan Nuklir Serpong, Puspiptek, Tangerang Selatan dipantau secara ketat.

(8) Roziq menambahkan, sistem pemantauan yang baru akan mengintegrasikan sistem pemantauan, pengelolaan limbah radioaktif, dan pengamanan berbasis digital. (9) Jadi, lalu lintas zat radioaktif yang keluar masuk Kawasan Nuklir Serpong dapat dipantau lebih ketat dan database zat radioaktifnya dapat terdokumentasi dengan baik. (1 0) “Secara umum, perangkat keras dan lunak sistem pemantauan zat radioaktif di Kawasan Nuklir Serpong sudah tersedia kata Roziq.

(11) Sayangnya, Pandemi Covid-19 yang sedang mewabah turut mempengaruhi proses pengembangan sistem pemantauan zat radioaktif yang sedang berjalan. (12) Pasalnya dalam menyelesaikan portal monitor radiasi, Batan melalui Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) harus mengimpor detektor yang merupakan komponen utama. (13) “Proses pengadaan menjadi terkendala karena keterbatasan transportasi internasional. (1 4) Namun, hambatan dari segi pengembangan dan pengintegrasian aplikasi sistem informasi relatif dapat diatasi dengan baik;’ kata Roziq.
Sumber: Kompas, 12 Agustus 2020, dengan beberapa penyesuaian

Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada teks di atas secara berturut-turut dari kalimat nomor 1, 4, dan 6 adalah ….
A. pengembangan, dihasilkan, diaplikasikan, pergerakan
B. pengembangan, menghasilkan, diaplikasikan, penggerakan
C. perkembangan, dihasilkan, teraplikasikan, pergerakan
D. perkembangan, menghasilkan, diaplikasikan, penggerakan
E. pengembangan, dihasilkan, teraplikasikan, penggerakan

Jawaban:

Pilihan jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah A.

Penjelasan:

Teks artikel merupakan karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun media sosial. Kata berimbuhan merupakan kata dasar yang mendapat imbuhan.

Terdapat tiga jenis imbuhan (afiks) di dalam bahasa Indonesia, yaitu:
1) Prefiks atau awalan, yaitu afiks yang diletakkan di depan kata dasar.
Contoh: ber-, se-, dan ke-.
2) Sufiks atau akhiran, yaitu afiks yang diletakkan di belakang kata dasar.
Contoh: -an, -kan, dan -i
3) Konfiks, yaitu afiks yang terdiri atas dua unsur gabungan, yaitu awalan dan akhiran. Konfiks diletakkan di depan dan di belakang kata dasar.
Contoh: me-kan, pe-an, ke-an.

Selain memperhatikan imbuhan, untuk melengkapi kalimat yang rumpang perlu juga memperhatikan konteks kalimat.

Berikut pembahasannya.
– Kalimat rumpang nomor (1) harusnya diisi dengan kata ‘pengembangan’ karena diawali dengan sebuah kata kerja, sehingga kata yang digunakan untuk melengkapi bisa berupa kata benda (berupa objek)
– Kalimat rumpang nomor (4) harusnya diisi dengan kata ‘dihasilkan’ karena diawali dengan kata kerja pasif.
– Kalimat rumpang nomor (6) harusnya diisi dengan kata ‘diaplikasikan’ dan ‘pergerakan’. Penggunaan kata ‘diaplikasikan’ karena kalimat tersebut merupakan kalimat pasif, di mana predikat kalimat mendahului objek. Sementara itu, penggunaan kata ‘pergerakan’ karena kata ‘pergerakan’ menduduki fungsi objek, sehingga menggunakan kata benda (nomina).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment