(1) Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Menegaskan Komitmen Serius Pemerintah Indonesia Adalah Upaya Menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca. (2) Penurunan Emisi Bertujuan Untuk Kesejahteraan Rakyat. (3) Sesuai Dengan Kesepakatan Paris, Setiap Negara Berkomitmen Menjaga Kenaikan Suhu Global Tetap Dibawah Dua Derajat Dibanding Dengan Masa Praindustri. (4) Sepanjang 2016 Ada Banyak Kebijakan Ada Langkah Operasional Indonesia Yang Berdampak Langsung Pada Penurunan Emisi, Seperti Moratorium Dan Restorasi Gambut, Pengendalian Kebakaran Hutan, Dan Pencegahan Deforestasi Yang Semuanya Memiliki Indikator Yang Jelas Sehingga Terukur Dan Bisa Dipantau Dan Di Verifikasi. (5) Apakah Kita Akan Membiarkan Pembakaran Hutan Yang Berlangsung Setiap Tahun?. (6) Kebijakan Untuk Penurunan Emisi Di Indonesia Bukanlah Untuk Menyenangkan Negara Lain. Melainkan Amanat Dari Peraturan Perundang – Undangan Untuk Menyejahterakan Rakyat.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan menegaskan komitmen serius Pemerintah Indonesia adalah upaya menurunkan emisi gas rumah kaca. (2) Penurunan emisi bertujuan untuk kesejahteraan rakyat. (3) Sesuai dengan Kesepakatan Paris, Setiap negara berkomitmen menjaga kenaikan suhu global tetap dibawah dua derajat dibanding dengan masa praindustri. (4) Sepanjang 2016 ada banyak kebijakan ada langkah operasional Indonesia yang berdampak langsung pada penurunan emisi, seperti moratorium dan restorasi gambut, pengendalian kebakaran hutan, dan pencegahan deforestasi yang semuanya memiliki indikator yang jelas sehingga terukur dan bisa dipantau dan di verifikasi. (5) Apakah kita akan membiarkan pembakaran hutan yang berlangsung setiap tahun?. (6) Kebijakan untuk penurunan emisi di Indonesia bukanlah untuk menyenangkan negara lain. Melainkan amanat dari peraturan perundang – undangan untuk menyejahterakan rakyat.

Pernyataan manakah yang TIDAK sesuai dengan isi teks tersebut?
A. Tujuan penurunan emisi adalah untuk kesejahteraan masyarakat.
B. Pemerintah serius mengupayakan penurunan emisi gas rumah kaca.
C. Penurusan emisi di Indonesia barulah untuk kepentingan asing.
D. Contoh kebijakan dan langkah konkret pemerintah antara lain adalah moratorium dan restorasi gambut.
E. Kebijakan penurunan emisi bertujuan untuk memenuhi amanat peraturan perundang-undangan.

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah C.

Penjelasan:

Suatu paragraf disebut padu jika kalimat-kalimat yang ada dalam paragraf tersebut kohesif dan paragraf-paragraf dalam bacaan tersebut juga koheren. Kohesif merupakan keterikatan antarunsur dalam struktur sintaksis atau struktur wacana yang ditandai antara lain dengan konjungsi, pengulangan, penyulihan, dan pelesapan. Sementara itu, koherensi adalah hubungan logis antara bagian karangan atau antara kalimat dalam satu paragraf. Kepaduan bacaan dapat diketahui melalui isi gagasan yang terdapat dalam suatu bacaan.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks adalah pernyataan “Penurunan emisi di Indonesia barulah untuk kepentingan asing”. Pada kalimat (2), disebutkan bahwa tujuan penurunan emisi adalah untuk kesejahteraan rakyat. Hal tersebut juga ditegaskan kembali pada kalimat (6) yang menyebut bahwa kebijakan penurunan emisi di Indonesia bukan untuk menyenangkan negara lain. Jadi, penurunan emisi di Indonesia bukanlah untuk kepentingan asing.

Berikut ini adalah analisis setiap pernyataan dalam pilihan jawaban di atas.
1. Pernyataan A sesuai dengan teks dan terdapat pada kalimat (2), yakni “Penurunan emisi bertujuan untuk kesejahteraan rakyat.”
2. Pernyataan B sesuai dengan teks dan terdapat pada kalimat (1), yakni “Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menegaskan komitmen serius Pemerintah Indonesia dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca.”
3. Pernyataan C tidak sesuai dengan teks, tepatnya bertolak belakang dengan kalimat (6) “Kebijakan penurunan emisi di Indonesia bukanlah untuk menyenangkan negara lain, melainkan amanat dari peraturan perundangundangan untuk menyejahterakan rakyat.”
3. Pernyataan D sesuai dengan teks dan terdapat pada kalimat (4). Pada kalimat tersebut, disebutkan bahwa ada kebijakan dan langkah operasional pemerintah yang berdampak langsung (artinya merupakan kebijakan yang konkret) pada penurunan emisi, contohnya moratorium dan restorasi gambut.
4. Pilihan E sesuai dengan teks dan terdapat pada kalimat (6), yakni “Kebijakan untuk penurunan emisi di Indonesia bukanlah untuk menyenangkan negara lain, melainkan amanat dari peraturan perundang-undangan untuk menyejahterakan rakyat.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment