(1) Motivasi Berasal Dari Motove Atau Movere Yang Berartimengerahkan’ (2) Seperti Yang Dikatakan Liang Gie (dalam Martoyo, 2000), Motif Atau Dorongan Adalah Suatu Dorongan Yang Menjadi Pangkal Seseorang Melakukan Sesuatu Atau Bekerja. (3) Orang Yang Sangat Termotivasi Adalah Orang Yang Melaksanakan Upaya Substansial, Guna Menunjang Tujuan-tujuan Produksi Kesatuan Kerjanya, Dan Organisasi Di Mana Ia Bekerja. (4) Seseorang Yang Tidak Termotivasi, Hanya Memberikan Upaya Minim Ketika Bekerja.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Motivasi berasal dari motove atau movere yang berartimengerahkan’ (2) Seperti yang dikatakan Liang Gie (dalam Martoyo, 2000), motif atau dorongan adalah suatu dorongan yang menjadi pangkal seseorang melakukan sesuatu atau bekerja. (3) Orang yang sangat termotivasi adalah orang yang melaksanakan upaya substansial, guna menunjang tujuan-tujuan produksi kesatuan kerjanya, dan organisasi di mana ia bekerja. (4) Seseorang yang tidak termotivasi, hanya memberikan upaya minim ketika bekerja.

(5) Konsep motivasi, merupakan sebuah konsep penting dalam studi tentang kinerja individual. (6) Dengan demikian motivasi berarti pemberian motif atau hal yang menimbulkan dorongan atau keadaan yang menimbulkan dorongan. (7) Dapat juga dikatakan bahwa motivasi adalah faktor yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu.

(8) Menurut Martoyo (2000) manusia akan memiliki semangat untuk mengerjakan suatu hal jika dapat menghasilkan sesuatu yang dianggapnya sangat berharga, yang berdampak pada kelangsungan hidupnya, menimbulkan rasa tenteram, rasa aman, dan sebagainya. (9) Motivasi atau dorongan kepada pegawai untuk bersedia bekerja sama demi tercapainya tujuan bersama dapat diklasifikasi menjadi dua macam, yaitu motivasi finansial dan nonfinansial.

(10) Motivasi finansial adalah dorongan yang dilakukan dengan memberikan imbalan finansial kepada pegawai. (11) Imbalan tersebut sering disebut dengan istilah insentif. (12) Motivasi onfinansial adalah dorongan yang tidak diwujudkan dalam bentukfinansial atau uang, melainkan diwujudkan dalam bentuk pujian, penghargaan, pendekatan antara manusia, dan lain sebagainya. (13) Dari penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa motivasi sangat penting bagi suatu perusahaan atau instansi karena dapat mendorong karyawan untuk bertindak secara ikhlas dalam mencapai tujuan perusahaan secara efisien.

(Dikutip dengan pengubahan dari ridwanrubic.wordpres.com)

Kesalahan penggunaan ejaan ditemukan pada kalimat …
A. (1) dan (6)
B. (2) dan (12)
C. (3) dan (9)
D. (5) dan (7)
E. (8) dan (10)

Jawaban:

Jawaban untuk soal ini adalah A.

Penjelasan:

Kalimat efektif bahasa Indonesia harus mengacu pada penulisan baik dan benar sesuai ejaan yang dianjurkan. Kaidah kebahasaannya mengikuti tata bahasa baku dalam PUEBI dan KBBI.

Aturan penggunaan ejaan sudah ada dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Terdapat empat bab aturan penulisan yang terdiri dari aturan pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan. Ejaan yang meliputi penulisan kata juga bisa kita cek di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kesalahan ejaan pada paragraf tersebut ditemukan dalam kalimat pertama dan kalimat keenam. Berikut ini penjelasannya.
1. Pada kalimat ke-1, kesalahan ditemukan pada “mengerahkan”. Hal tersebut berkenaan dengan tanda baca kutip ganda (“…”) yang mengalami kesalahan fungsi. Seharusnya kata “mengerahkan” menggunakan tanda kutip tunggal (‘…’) karena kata tersebut merupakan sebuah makna, yakni makna kata movere. Perbaikan penulisan untuk kalimat tersebut adalah Motivasi berasal dari motove atau movere yang berarti ‘mengerahkan’
2. Pada kalimat ke-6, kesalahan ditemukan pada frasa “dengan demikian”. Hal tersebut berkaitan dengan tanda baca. Seharusnya frasa “dengan demikian” ditulis dengan tanda baca koma (,). Perbaikan penulisan untuk kalimat tersebut adalah Dengan demikian, motivasi berarti pemberian motif atau hal yang menimbulkan dorongan atau keadaan yang menimbulkan dorongan.

Berdasarkan penjelasan di atas, kesalahan penggunaan ejaan (tanda baca, penulisan huruf, dan penulisan kata) ditemukan pada kalimat nomor (1) dan (6).

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment