(1) Pemerintah Daerah (pemda) D I Y Telah Memperpanjang Masa Pembelajaran Jarak Jauh (da R I Ng) Hingga 1 Mei Mendatang. (2) Kendati Begitu Metode Pembelajaran Ini Menuai Banyak K R I T I K A N Karena Dianggap Tidak Efektif. (3) Karena Itu, Banyak Masukan Agar Dilakukan ( ____ ) Lantaran Pembelajaran Tersebut Dinilai Kurang Optimal.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Pemerintah daerah (Pemda) D I Y telah memperpanjang masa pembelajaran jarak jauh (da r i ng) hingga 1 Mei mendatang. (2) Kendati begitu metode pembelajaran ini menuai banyak k r i t i k a n karena dianggap tidak efektif. (3) Karena itu, banyak masukan agar dilakukan ( ____ ) lantaran pembelajaran tersebut dinilai kurang optimal.

(4) Banyak orang tua yang mengeluhkan tidak mampu mengikuti perkembangan pendidikan. (5) Selain minimnya sumberdaya manusia, juga berasal dari golongan menengah ke bawah. (6) Sehingga sistem ini dinilai membebani orang tua murid. (7) Keluhan dari beberapa guru juga diterima. (8) lntensif guru h o n o r e r yang masih rendah juga tidak cukup untuk pengeluaran kuota internet. (9) B e b a n lain juga dirasakan siswa. (10) Jam belajar yang cenderung pendek dan tugas praktik yang mendominasi tidak mampu dikerjakan dalam waktu sehari.

14. Hasil penggabungan yang paling tepat dari kalimat (4) dan (5) adalah ….
A. Banyak orang tua yang mengeluhkan tidak mampu mengikuti perkembangan pendidikan, minimnya sumber daya manusia, dan juga berasal dari golongan menengah ke bawah
B. Banyak orang tua mengeluhkan tidak mampu mengikuti perkembangan pendidikan karena minimnya sumber daya manusia dan berasal dari golongan menengah ke bawah.
C. Banyak orang tua yang mengeluhkan tidak mampu mengikuti perkembangan pendidikan karena minimnya sumber daya manusia dan berasal dari golongan menengah ke bawah.
D. Banyak orang tua yang mengeluhkan tidak mampu mengikuti perkembangan pendidikan karena minimnya sumber daya manusia,juga berasal dari golongan menengah ke bawah.
E. Banyak orang tua yang mengeluhkan tidak mampu mengikuti perkembangan pendidikan disebabkan karena minimnya sumber daya manusia dan juga berasal dari golongan menengah ke bawah

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Penjelasan:

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis kalimat efektif.
1. Kehematan kata: kata yang digunakan dalam kalimat harus cermat, tidak boros, dan harus berhati-hati baik secara penggunaan kata maupun makna.
2. Ketepatan: informasi yang disampaikan harus sesuai dengan sasaran dan tidak menimbulkan makna ganda (ambigu), tidak jelas, dan membingungkan pembaca.
3. Kejelasan struktur: struktur dalam kalimat harus jelas dan lengkap strukturnya, minimal terdiri dari subjek dan predikat sehingga pembaca lebih mudah memahami isi dari kalimat tersebut.
4. Kesejajaran: struktur yang digunakan dalam kalimat harus paralel, sama, atau sederajat.
5. Ketegasan: informasi yang disampaikan dalam kalimat merupakan informasi inti saja, tidak berbelit, dan disampaikan secara sederhana.

Berikut analisis sesuai dengan kalimat tersebut.
1. Penggunaan kata “yang” pada bagian “yang mengeluhkan’ tidak tepat. Hal tersebut akan menimbulkan kekaburan dalam fungsi kalimat predikat. Dengan kata lain, menghilangkan kata “yang” akan menegaskan fungsi “predikat” dalam kalimat tersebut.
2. Kalimat (4) dan kalimat (5) memiliki hubungan sebab atau alasan sehingga dua kalimat tersebut bisa dihubungkan dengan kata “karena”.
3. Setelah dua kalimat tersebut bergabung, frasa “Selain minimnya sumberdaya manusia” tidak menjadi keterangan berupa anak kalimat yang mendahului anak kalimat sehingga tidak diperlukan tanda koma.
4. Kata “juga” bisa diganti dengan kata “dan” sebab kalimat tersebut menyatakan fungsi intrakalimat yang setara.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment