(1) Salah Satu Proses Pembelajaran Yang Harus Dikembangkan Oleh Guru-guru Dalam Kurikulum 2006 Atau Yang Kita Kenal Sebagai Kuikulum Tingkat Satuan Pendidikan (ktsp) Adalah Mengembangkan Kreativitas Siswa Secara Optimal, (2) Pengembangan Kreativitas Sangat Penting Terihat Dari Bergesernya Peran Guru. (3) Dahulu, Guru Seing Mendominasi Kelas, Tetapi Kini Guru Harus Lebih Banyak Memberikan Kesempatan Kepada Siswa Untuk Berperan Lebih Aktf Dan Kreatif (4) Membangun Pemahaman Yang Baik Kepada Siswa Akan Suit Jika Fisik Dan Psikis Mereka Alam Keadaan Tertekan. (5) Kreativitas Siswa Dapat Tumbuh An Berkembang Dengan Baik Apabila Lingkungan Keluarga, Masyarakat, Dan Sekolah Turut Menunjang.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum 2006 atau yang kita kenal sebagai Kuikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah mengembangkan kreativitas siswa secara optimal, (2) Pengembangan kreativitas sangat penting terihat dari bergesernya peran guru. (3) Dahulu, guru seing mendominasi kelas, tetapi kini Guru harus lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan lebih aktf dan kreatif (4) Membangun pemahaman yang baik kepada siswa akan suit jika fisik dan psikis mereka alam keadaan tertekan. (5) Kreativitas siswa dapat tumbuh an berkembang dengan baik apabila lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah turut menunjang.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawaban:

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah A.

Penjelasan:

Paragraf adalah gabungan beberapa kalimat yang saling berhubungan dan menghasilkan suatu tema tertentu. Salah satu unsur dari paragraf adalah kalimat utama. Kalimat utama memuat inti dari suatu paragraf yang memuat semua isi. Kalimat utama bersifat umum dan akan dikembangkan oleh kalimat-kalimat penjelas lainnya. Kalimat utama biasanya terletak di awal, tengah, akhir, maupun awal dan akhir paragraf.

Berikut cara untuk menentukan kalimat utama dalam teks.
1. Perhatikan kalimat inti dari suatu teks.
2. Temukan kalimat yang menjadi penjelas dari kalimat inti tersebut.
3. Tentukan kalimat utama serta kalimat penjelasnya.

Kalimat utama dalam paragraf di atas terletak di awal paragraf yang membahas tentang pengembangan proses belajar yang menekankan kreativitas siswa dalam Kurikulum 2006. yakni kalimat “(1) Salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum 2006 atau yang kita kenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah mengembangkan kreativitas siswa secara optimal.” Kemudian, pada kalimat kedua hingga kelima termasuk dalam kalimat penjelas karena menjelaskan tentang pentingnya mengembangkan kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kalimat utama dalam paragraf di atas terletak di kalimat (1). Salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum 2006 atau yang kita kenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah mengembangkan kreativitas siswa secara optimal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah “A. (1)”.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment