(1) Setelah Memasuki Abad ‘ke-21’, Perkembangan Teknologi Terasa Luar Biasa, Terutama Yang Berhubungan Dengan Telekomunikasi Dan Informasi Sehingga Alur ‘informasi Pun’ Terjadi Tanpa Hambatan. (2) Untuk Itu, Dalam Mengantisipasi Pengaruh Budaya Luar Yang Negatif Atau Tidak Sesuai Dengan Budaya Bangsa Indonesia, Diperlukan Penyaringan. (3) ‘sistim’ Penyaringan Bisa Dilakukan Dengan Cara Menanamkan Nilai-nilai ‘nasional’ Terhadap Anak-anak Bangsa Sejak Dini, Baik Formal Maupun Nonformal; Yang Secara Formal Dilakukan Di Sekolah, Sedangkan Secara Nonformal Dilakukan Di Keluarga Dan Masyarakat. (4) Bila Tidak Dilakukan Penyaringan Yang Baik, ‘dikuatirkan’ Muncul Dampak Buruk Terhadap Perilaku Kehidupan Bermasyarakat. (5) Hal Ini ‘dikarenakan’ Perubahan Cepat Dalam Teknologi Informasi Yang Telah Mengubah Budaya Sebagian Besar Masyarakat Dunia. Terutama Yang Tinggal Di Perkotaan. Diadaptasi Dari Http://bkk.ft.uny,ac.id/dampak-teknologi-terhadap-budaya

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(1) Setelah memasuki abad ‘ke-21’, perkembangan teknologi terasa luar biasa, terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi dan informasi sehingga alur ‘informasi pun’ terjadi tanpa hambatan. (2) Untuk itu, dalam mengantisipasi pengaruh budaya luar yang negatif atau tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia, diperlukan penyaringan. (3) ‘Sistim’ penyaringan bisa dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai ‘nasional’ terhadap anak-anak bangsa sejak dini, baik formal maupun nonformal; yang secara formal dilakukan di sekolah, sedangkan secara nonformal dilakukan di keluarga dan masyarakat. (4) Bila tidak dilakukan penyaringan yang baik, ‘dikuatirkan’ muncul dampak buruk terhadap perilaku kehidupan bermasyarakat. (5) Hal ini ‘dikarenakan’ perubahan cepat dalam teknologi informasi yang telah mengubah budaya sebagian besar masyarakat dunia. Terutama yang tinggal di perkotaan.

16. dikuatirkan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. dihawatirkan
C. dikhawatirkan
D. dikawatirkan
E. di khawatirkan

Jawaban:

Jawaban untuk soal tersebut adalah C.

Penjelasan:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel berarti karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah dan surat kabar. Artikel merupakan tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual atau kontroversial dengan tujuan untuk memberi tahu (informatif) dan meyakinkan (persuasif argumentatif), atau menghibur khalayak pembaca (rekreatif).

Ciri-ciri artikel sebagai berikut.
a. Ditulis berdasarkan fakta dan pandangan penulisnya.
b. Mengandung gagasan aktual.
c. Mengandung unsur intelektualitas atau pengetahuan.
d. Bukan merupakan hasil plagiat.
e. Mengungkap masalah dan pemecahannya.
f. Topik yang dibahas menyangkut kepentingan publik.
g. Menampilkan identitas atau nama penulis.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konjungsi ialah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Salah satu jenis konjungsi ialah konjungsi sebab. Konjungsi sebab merupakan konjungsi yang menunjukkan hubungan sebab antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Contoh: karena, dikarenakan, dan sejenisnya.

Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Sumber utama yang telah ditentukan dalam pemakaian bahasa baku yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Penggunaan diksi “dikuatirkan” pada kalimat keempat tidak sesuai karena diksi tersebut tidak baku. Kata “dikuatirkan”. Kata baku yang tepat ialah “dikhawatirkan” karena berasal dari kata dasar “khawatir”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “khawatir” berarti perasaan takut, gelisah, atau cemas terhadap suatu hal yang belum diketahui. Perbaikan kalimat tersebut ialah “Bila tidak dilakukan penyaringan yang baik, dikhawatirkan muncul dampak buruk terhadap perilaku kehidupan bermasyarakat.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah C.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment