19. Sedang-mereka-tekun-belajar

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

19. Sedang-mereka-tekun-belajar
Jika disusun menjadi kalimat yang benar adalah …
a. Mereka sedang tekun belajar.
b. Mereka sedabg belajar tekun.
c. Mereka tekun sedang belajar.

Jawaban:

Jawabannya adalah A.

Penjelasan:

Kalimat adalah satuan bahasa yang mengungkapkan sebuah pikiran dengan utuh baik secara tulisan atau pun lisan.

Kalimat tersusun atas struktur-struktur penyusun, seperti subjek (S), predikat (P), objek (O), keterangan (K), dan pelengkap (Pel).

Pada kalimat sederhana, strukturnya adalah subjek (S), predikat (P). Sementara, pada kalimat kompleks, strukturnya adalah seperti subjek (S), predikat (P), objek (O), keterangan (K), atau dapat disertai dengan pelengkap (Pel).

Berikut penjelasan masing-masing struktur.
1. Subjek (S), yaitu struktur yang dapat diduduki oleh kelas kata benda. Subjek dapat dicari dengan menggunakan kata tanya “apa” atau “siapa” karena subjek berisi keterangan “pelaku” dalam sebuah kalimat.
2. Predikat (P), yaitu struktur yang dapat diduduki oleh kelas kata kerja, kata benda, dan kata sifat.
3. Objek (O), yaitu sesuatu yang dikenai perlakuan atau tindakan. Objek harus dimunculkan jika sebuah kalimat menggunakan predikat berupa kata kerja transitif.
4. Keterangan (K), yaitu struktur yang bersifat opsional atau tidak wajib. Keterangan dapat diisi dengan nomina atau frasa nominal; frasa numeral; frasa preposisional; atau adverbia.
5. Pelengkap (Pel) berfungsi untuk melengkapi unsur kalimat lain seperti subjek, predikat, dan juga objek. Pelengkap dapat berwujud frasa nominal, frasa verbal, frasa adjektival, frasa preposisional, dan klausa.

Berdasarkan penjelasan di atas, susunan kalimat yang benar adalah “Mereka sedang tekun belajar.” Susunan kalimatnya adalah sebagai berikut.
– Mereka sedang tekun belajar.
Mereka= subjek
Sedang tekun belajar = predikat

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment