28. Cermatilah Kutipan Cerita Berikut!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

28. Cermatilah kutipan cerita berikut!
“Rupanya Allah tidak adil dalam menciptakan alam ini. Kalau aku yang menciptakan alam ini tentu akan kubalik. Supaya adil, pohon yang besar aku buat buahnya besar-besar pula dan pohon yang kecil tentu aku buat buahnya kecil-kecil saja.” Baru saja ia mengatakan hal itu dalam hatinya, jatuhlah sebutir buah beringin dari atas, tepat mengenai hidungnya. Bukan main terkejut pengembara yang sombong itu, serta berkata, “Untunglah buah beringin itu kecil, seumpama tidak demikian, entah apa yang terjadi atas hidungku.”

Amanat cuplikan cerita di atas adalah …
A. Manusia tidak boleh sombong.
B. Jangan menganggap enteng kepada pepohonan apa pun jenisnya
C. Beringin adalah pohon untuk bernaungnya berbagai jenis makhluk.
D. Buah-buahan yang diberikan Tuhan harus disyukuri oleh manusia.
E. Jangan berburuk sangka kepada Tuhan sebagai zat yang Mahatahu dan Mahaadil.

Jawaban:

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah E.

Penjelasan:

Amanat merupakan sebuah pesan moral dalam cerita yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Sebuah amanat biasanya berupa nilai-nilai luhur yang bisa dijadikan teladan atau dijadikan contoh. Amanat dalam sebuah cerita tidak selalu dituliskan secara tersurat dalam cerita, tetapi bisa secara tersirat. Biasanya, amanat tersebut dapat ditelusuri dari dialog antartokoh dalam sebuah cerita.

Kutipan tersebut menceritakan seorang tokoh yang menganggap bahwa Tuhan tidak adil dalam menciptakan alam semesta. Ia dengan sombongnya berkata bahwa ia akan membuat pohon besar dengan buah yang besar, serta pohon kecil dengan buah yang kecil. Namun, akhirnya ia merasakan kejatuhan buah beringin yang kecil sehingga ia pun menarik kembali perkataannya. Hal ini dapat dilihat pada kalimat “Rupanya Allah tidak adil dalam menciptakan alam ini. Kalau aku yang menciptakan alam ini tentu akan kubalik…”

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dilihat amanat dalam cerita bahwa kita tidak boleh berprasangka buruk kepada Tuhan karena Ia maha mengetahui segala hal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment