5 strategi pembangunan Indonesia untuk menjadi negara maju?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

5 strategi pembangunan Indonesia untuk menjadi negara maju?

Jawaban:

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, terdapat 4 strategi pembangunan Indonesia menjadi negara maju, yaitu :

1. Norma Pembangunan : membangun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat, setiap upaya dalam peningkatan kesejahteraan, kemakmuran, produktivitas tidak boleh menciptakan ketimpangan yang semakin melebar dan dapat merusak keseimbangan pembangunan, serta aktivitas pembangunan tidak boleh bersifat merusak, menurunkan daya dukung lingkungan, dan mengganggu keseimbangan ekosistem.
2. Tiga Dimensi Pembangunan : yang pertama adalah dimensi pembangunan manusia dan masyarakat, di mana pembangunan dilakukan untuk meningkatkan kualitas manusia dan masyarakat melalui pendidikan dan kesehatan, serta pembangunan mental dan karakter yang tangguh, positif, dan konstruktif. Kemudian yang kedua dimensi pembangunan sektor unggulan dengan prioritas kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan ketenagalistrikan, Kemaritiman dan kelautan, serta pariwisata dan industri. Dan yang ketiga adalah dimensi pemerataan dan kewilayahan, untuk menghilangkan atau bahkan memperkecil kesenjangan dengan prioritas wilayah pedesaan, wilayah pinggiran kota besar, wilayah luar Pulau Jawa, dan kawasan timur Indonesia.
3. Kondisi sosial, politik, hukum, dan keamanan yang stabil : yaitu dalam hal kepastian dan penegakan hukum, keamanan dan ketertiban, politik dan demokrasi, dan tata kelola serta reformasi birokrasi.
4. Quickwins : hasil pembangunan yang harus segara dapat dilihat hasilnya, dimana pembangunan merupakan proses yang terus menerus dan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu dibutuhkan output cepat yang dapat dijadikan contoh dan acuan masyarakat tentang arah pembangunan yang sedang berjalan, sekaligus untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi masyarakat.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment