Agama Hindu Masuk Ke Indonesia Dibawa Oleh Para Pedagang India. Pernyataan Tersebut Sesuai Dengan Teori ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang India. Pernyataan tersebut sesuai dengan teori ….
a. Brahmana
b. Kesatria
c. Waisya
d. Sudra

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah C. Waisya

Penjelasan:

Hubungan perdagangan antara Nusantara dan negara-negara internasional sudah terjalin sejak berabad-abad yang lalu. Beberapa negara-negara internasional tersebut adalah India dan Cina. Dampak adanya hubungan perdagangan antara India dan Cina adalah ikut berkembangnya wilayah di sekitar Selat Malaka yang ramai didatangi pedagang dari India dan Cina. Selain berdagang, para pedagang ini juga melakukan penyebaran agama Hindu-Buddha sehingga menyebabkan tumbuhnya kota-kota pelabuhan dan kerajaan di sekitar Selat Malaka di wilayah Indonesia. Akibat dari perdagangan ini muncul kerajaan yang dipengaruhi agama Hindu Buddha, seperti kerajaan Sriwijaya di pesisir timur pulau Sumatera.

Penyebaran agama Hindu dan Buddha oleh para pedagang merupakan dasar Teori Waisya. Teori ini menyatakan bahwa agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh para pedagang yang berdagang di Indonesia atau kasta waisya. Teori ini dikemukakan oleh Nicolaas Johannes (N.J.) Krom, seorang ahli sejarah Belanda. Bukti dari teori adalah adanya Kampung Keling (kampung pedagang India, diambbil dari nama kerajaan Kalinga di India timur), yang ditemukan di kota-kota pesisir.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment