Agus Ingin Melanjutkan Kuliah Agar Memperoleh Gelar Sarjana. Kata Sarjana Dalam Kalimat Tersebut Mengalami Perubahan Makna, Yaitu ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Agus ingin melanjutkan kuliah agar memperoleh gelar sarjana. Kata sarjana dalam kalimat tersebut mengalami perubahan makna, yaitu ….

Jawaban:

Kata sarjana mengalami penyempitan makna.

Perubahan makna adalah proses pergeseran makna karena perkembangan zaman.

Macam-macam perubahan makna adalah sebagai berikut.
1. Penyempitan makna adalah dulu meluas sekarang mengalami penyempitan, seperti kata ‘sarjana’ dianggap orang yang ahli dalam berbagai hal, kini kata tersebut digunakan untuk gelar menempuh kuliah S1.
2. Perluasan makna adalah dulu dianggap sempit sekarang meluas, sepeti kata ‘ibu’ dulu orang tua yang melahirkan, sekarang semua orang perempuan yang lebih tua.
3. Asosiasi adalah perubahan makna karena persamaan sifat, seperti ‘Biar masalah cepat selesai, beri saja amplop.” terdapat pada kata ‘amplop’ yang berarti uang pelicin atau sogokan.

Berdasarkan uraian di atas, “Agus ingin melanjutkan kuliah agar memperoleh gelar sarjana.” Kata sarjana dalam kalimat tersebut mengalami perubahan makna, yaitu penyempitan makna pada kata ‘sarjana’.

Jadi, kata sarjana mengalami penyempitan makna.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment