Apa Itu Zat Tunggal Dan Zat Campuran?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Apa itu zat tunggal dan zat campuran?

Jawaban:

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah zat tunggal merupakan suatu zat yang komposisi penyusunnya konstan (homogen) dan memiliki sifat yang sama, sedangkan zat campuran adalah zat yang mengandung dua atau lebih unsur atau senyawa.

Penjelasan:

Zat tunggal terbagi menjadi dua jenis, yaitu berupa unsur dan senyawa. Contoh zat tunggal antara lain : gula, air, garam, dan oksigen.

Adapun zat campuran adalah zat yang mengandung dua atau lebih unsur atau senyawa. Zat campuran (zat tidak murni) dibentuk dari berbagai jenis elemen yang digabungkan secara fisika ataupun kimia. Zat campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan heterogen. Contoh zat campuran antara lain: udara, pasir, campuran logam, dan air laut. Ciri-ciri zat campuran adalah:
– Tersusun lebih dari satu unsur atau senyawa.
– Zat-zat penyusun dapat dipisahkan secara fisika atau kimia.
– Zat-zat penyusun tidak tercampur secara sempurna.

Jadi, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah zat tunggal merupakan suatu zat yang komposisi penyusunnya konstan (homogen) dan memiliki sifat yang sama, sedangkan zat campuran adalah zat yang mengandung dua atau lebih unsur atau senyawa.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment