Apa Nilai Filosofi Yang Dijunjung Masyarakat Mandailing

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Apa nilai filosofi yang dijunjung masyarakat mandailing

Jawaban:

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah ra dot inda maila, yang artinya mau dan tidak malu. Inda angkon sarupo (memilih untuk berbeda) bagi orang Mandailing, berbeda itu unik, istimewa, mudah dikenal, dan selalu menjadi pusat perhatian. Belum berbuat saja sudah dikenal apalagi lebih dari itu.

Penjelasan:

Filosofi hidup orang Mandailing di perantaun dalam menghadapi berbagai persoalan sehingga bisa bertahan dan sukses adalah ra dot inda maila dan inda angkon sarupo.

Ra dot inda maila, yang artinya mau dan tidak malu. Bagi orang Mandailing, prinsip ini memiliki kandungan arti yang sangat dalam karena tidak semua orang mau dan mampu melakukannya. Modal mau saja tidak cukup, karena akan hilang begitu saja. Jika rasa malu masih mendominasi diri untuk beraksi. Maka, kaki akan ragu untuk melangkah, mulut akan kaku untuk bicara, dan diri pun akan diam seribu bahasa. Bila demikian tamatlah riwayatmu dalam mencapai tujuan. Jangan pernah takut melangkah hanya karena khawatir terlihat berbeda. Perbedaan itu tidak akan pernah membuat salah. Jika yang lain melangkah satu kali, kawan harus dua langkah.

Inda angkon sarupo (memilih untuk berbeda) bagi orang Mandailing, berbeda itu unik, istimewa, mudah dikenal, dan selalu menjadi pusat perhatian. Belum berbuat saja sudah dikenal apalagi lebih dari itu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah ra dot inda maila, yang artinya mau dan tidak malu. Inda angkon sarupo (memilih untuk berbeda) bagi orang Mandailing, berbeda itu unik, istimewa, mudah dikenal, dan selalu menjadi pusat perhatian. Belum berbuat saja sudah dikenal apalagi lebih dari itu.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment