Apa Saja Hewan Yang Dapat Mengeluarkan Listrik? Sebutkan Minimal 5.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Apa saja hewan yang dapat mengeluarkan listrik? Sebutkan minimal 5.
(selain belut listrik)

Jawaban:

Lima hewan penghasil listrik adalah hiu kepala martil, ikan stargazer, lele listrik, pari elektrik, dan tawon oriental.
Hiu kepala martil: memiliki reseptor listrik di seluruh tubuhnya dan oleh karena hal ini, hiu kepala martil bisa mendeteksi ikan lain yang ada di sekitar mereka. Hiu kepala martil menggunakan aliran listriknya untuk mencari mangsa dan melakukan navigasi.

Ikan stargazer: jenis ikan ini bisa mengeluarkan listrik dari otot matanya. Mata dari ikan ini tidak berbentuk menonjol dan berada rata dengan tubuhnya. Listrik yang dikeluarkan oleh ikan ini membantu untuk perlindungan diri bahkan cukup kuat untuk melumpuhkan pemangsanya.

Lele listrik: ikan dari Afrika ini bisa menghasilkan listrik sebesar 350 Volt dan kebanyakan memakai aliran listrik ini untuk perlindungan dari. Organ listrik pada ikan ini berbentuk seperti lapisan yang mengelilingi seluruh tubuh dari ikan lele ini.

Pari elektrik: memiliki pendeteksi listrik atau reseptor di mulutnya dan memakai reseptor ini untuk mencari mangsa. Namun, ikan ini juga memiliki sengatan listrik pada ekornya untuk melindungi diri. Bahkan, diketahui juga bahwa mereka menggunakan kelebihan mereka ini untuk berkomunikasi dengan ikan pari elektrik yang lain.

Tawon oriental: tubuh dari tawon ini diteliti memiliki kemampuan untuk mengubah tenaga matahari menjadi listrik. Pada badan tawon ini diketahui mirip sekali dengan panel surya. Tawon ini menggunakan energi listrik untuk pengolahan nektar.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment