apa yang di maksud dengan sejarah?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

apa yang di maksud dengan sejarah

Jawaban:

Sejarah adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi yang terjadi pada masa lalu atau lampau yang menyangkut kehidupan dari manusia.

Penjelasan:

Secara etimologi, kata sejarah berasal dari Bahasa Arab yaitu syajaratun yang berarti pohon. Pohon disini yakni sebagai simbol kehidupan yaitu dari akar hingga daunnya yang saling berkaitan. Seperti layaknya pohon, sejarah pada setiap peristiwanya berkaitan dan memengaruhi masa yang akan datang. Hal itu juga memberikan definisi yang merujuk kepada silsilah terutama silsilah raja atau dinasti pada masa lalu. Secara terminologis, beberapa pengertian dikemukakan oleh para ahli diantaranya ialah Ibnu Khaldun yang menyatakan bahwa sejarah ialah sebagai catatan tentang manusia dan peradabannya. Lalu R.G Collingwood mendefinisikan sejarah sebagai penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan manusia pada masa yang lampau. Sehingga dari dua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah ialah sebuah ilmu yang disusun dari hasil penyelidikan-penyelidikan mengenai peristiwa masa lalu yang benar-benar terjadi dan berisi segala kegiatan manusia.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

 

 

Leave a Comment