Apa Yang Di Maksud Dengan Teks Eksemplum

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

apa yang di maksud dengan teks eksemplum

Jawaban:

Teks eksemplum ialah teks yang menceritakan perilaku atau pengalaman yang tidak diinginkan oleh tokoh, biasanya di akhir cerita terdapat pesan moral untuk pembaca agar tidak melakukan kesalahan yang sama seperti tokoh dalam cerita.

Penjelasan:

Teks eksemplum merupakan teks yang menceritakan perilaku atau pengalaman tokoh yang sebenarnya tidak diinginkan. Cerita akan diawali dengan pengenalan tokoh, setelah itu membahas peristiwa apa saja yang telah dilalui oleh tokoh, dan diakhiri dengan interpretasi dari dalam diri tokoh tersebut.

Struktur teks eksemplum terdiri atas tiga bagian, di antaranya sebagai berikut.
1. Orientasi, merupakan bagian awal teks yang berisi tentang pengenalan tokoh
2. Insiden, merupakan peristiwa atau bagian yang berisi tentang permasalahan yang dihadapi oleh tokoh
3. Interpretasi, merupakan bagian yang berisi pesan moral, evaluasi, dan juga akibat dari masalah yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita.

Dengan demikian, yang dimaksud teks eksemplum ialah teks yang menceritakan perilaku atau pengalaman yang tidak diinginkan oleh tokoh, biasanya di akhir cerita terdapat pesan moral untuk pembaca agar tidak melakukan kesalahan yang sama seperti tokoh dalam cerita.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment