apa yang dimaksud dengan nilai praksis dari pancasila?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

apa yang dimaksud dengan nilai praksis dari pancasila?

Jawaban:

bentuk perwujudan dari nilai instrumental yang bersifat nyata dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk urusan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Penjelasan:

Ideologi Pancasila bersifat antisipatif, sesuai dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), serta sebagai dinamika aspirasi masyarakat. Secara umum, nilai dalam ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka dikelompokkan menjadi tiga yaitu nilai dasar Pancasila, nilai instrumental Pancasila, dan nilai praksis Pancasila.

Nilai praksis Pancasila merupakan bentuk perwujudan dari nilai instrumental yang bersifat nyata dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk urusan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai praksis berkembang dan disesuaikan dengan perkembangan zaman serta aspirasi masyarakat.

Dengan demikian, nilai praksis dari Pancasila adalah bentuk perwujudan dari nilai instrumental yang bersifat nyata dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk urusan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment