apa yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

apa yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan?

Jawaban:

pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal (ireversibel), yang meliputi pertambahan volume dan pertambahan massa, sedangkan perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan.

Penjelasan:

Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal (ireversibel), yang meliputi pertambahan volume dan pertambahan massa. Selain disebabkan pertambahan ukuran sel, pertumbuhan juga terjadi karena pertambahan jumlah sel, sedangkan perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan. Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dapat dibedakan menjadi faktor dari dalam (internal) dan faktor dari luar tubuh (eksternal).

Faktor internal misalnya gen yang berisi materi genetik yang berupa DNA dan RNA serta hormon. Sementara itu, faktor eksternal misalnya nutrisi, air, oksigen, pH, kadar garam, cahaya, suhu, dan kelembaban.

Jadi, pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal (ireversibel), yang meliputi pertambahan volume dan pertambahan massa, sedangkan perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment