apa yang dimaksud mid ocean ridge?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

apa yang dimaksud mid ocean ridge?

Jawaban:

mid oceanic ridge adalah rangkaian gunung berapi di bawah laut yang terjadi akibat adanya pergerakan lempeng samudra secara divergen.

Penjelasan:

Mid oceanic ridge disebut juga punggungan tengah samudra tanggul dasar samudra. Mid oceanic ridge adalah rangkaian gunung berapi di bawah laut yang terletak di batas divergen antara dua lempeng tektonik. Mid oceanic ridge terbentuk oleh aktivitas tektonik lempeng yang bergerak secara divergen (menjauh). Karena saling menjauh, maka terjadi kekosongan pada batas kedua lempeng tersebut. Bagian yang kosong tersebut kemudian terisi oleh magma yang menghasilkan letusan gunung api besar bertipe basalt dan membentuk rangkaian gunung api.
Ketinggian punggungan tersebut dari dasar samudera sampai puncaknya dapat mencapai 3.000 m di atas lantai samudera. Di bagian tengah punggungan biasanya terdapat lembah yang terisi oleh lelehan magma secara terus-menerus. Contoh mid oceanic ridge ini adalah Mid Atlantic Ride yang terletak di Samudra Atlantik dan East Pasific Rise yang terletak di Samudra Pasifik.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment