Apa Yg Memicu Kejatuhan Orde Baru

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Apa yg memicu kejatuhan orde baru

Jawaban:

Beberapa faktor yang memicu kejatuhan Orde Baru adalah terjadinya krisis ekonomi, politik, hukum dan krisis sosial.

Penjelasan:

Faktor-faktor yang menjadi pemicu kejatuhan Orde Baru diantaranya adalah

1. Krisis Ekonomi
Pada akhir masa Orde Baru, pemerintahan Indonesia mengalami krisis moneter atau krisis keuangan negara dari tahun 1997 hingga tahun 1998. Terjadinya krisis moneter berdampak pada kenaikan harga-harga barang dan nilai tukar rupiah anjlok. Kondisi seperti itu membuat masyarakat mengalami kesulitan ekonomi dan timbul keresahan serta demonstrasi besar untuk menumbangkan pemerintah Orde Baru yang dianggap sebagai penyebab terjadinya krisis moneter.

2. Krisis Politik
Partai Golkar sebagai partai penguasa selalu memenangkan pemilu akibat pemberlakuan mono loyalitas pegawai sipil negara. Hal itu mengakibatkan meningkatnya krisis kepercayaan rakyat terhadap pemerintah.

3. Krisis Hukum
Lemahnya penegakan hukum dan minimnya transparansi penegakan hukum terutama terhadap elit politik, membuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin menurun.

4. Krisis Sosial
Jurang kesenjangan sosial yang semakin melebar pada masa akhir Orde Baru antara masyarakat, elit politik dan pengusaha Cina, semakin meningkatkan ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintah Orde Baru.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment