Apabila Suatu Penelitian Menghendaki Data-data Yang Berupa Angka, Maka Metode Penelitian Yang Tepat Adalah….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Apabila suatu penelitian menghendaki data-data yang berupa angka, maka metode penelitian yang tepat adalah….

Jawaban:

Jawabannya adalah metode kuantitatif.

Penjelasan:

Rancangan penelitian merupakan pokok-pokok perencanaan dari sebuah penelitian yang tertuang dalam suatu kesatuan naskah. Salah satu langkah dalam rancangan penelitian adalah memilih pendekatan yang akan digunakan pada penelitian. Memilih pendekatan yaitu memilih metode atau cara yang akan dipakai dalam melaksanakan penelitian.

Terdapat dua metode dalam penelitian sebagai berikut:
1) Metode kuantitatif. Digunakan jika data yang hendak dikumpulkan adalah data kuantitatif (data berbentuk angka). Oleh karena itu, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode statistika.
2) Metode kualitatif. Digunakan jika data yang hendak dikumpulkan adalah data kualitatif (data yang disajikan dalam bentuk kata atau kalimat). Metode kualitatif mengutamakan kualitas data. Oleh karena itu, metode kualitatif tidak menggunakan analisis statistika.

Dengan demikian, jika suatu penelitian menghendaki data-data yang berupa angka, maka metode penelitian yang tepat adalah menggunakan metode kuantitatif.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment