Apakah Artinya Kalau Kita Menuliskan

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Apakah artinya kalau kita menuliskan
8°C

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah “Artinya adalah delapan derajat celcius”.

Soal menanyakan arti dari penulisan 8°C.

Konsep:
Memahami suhu.

Penjelasan:

Bilangan setelah 0 dinamakan bilangan bulat positif.

Jika suhu diatas 0 derajat Celcius, maka suhu tersebut positif.

Suhu adalah ukuran kuantitatif dari temperatur. Suhu menjadi besaran yang menyatakan ukuran derajat temperatur dari suatu benda atau ruangan yang dinyatakan dengan derajat diikuti skala suhu tertentu.

Terdapat 4 jenis skala suhu, yaitu:
1. Celcius (C)
Celcius (C) merupakan skala suhu yang paling sering dipakai. Celcius memiliki satuan derajat Celcius (C). Dalam melakukan perbandingan antara dingin dan panas, skala Celcius air membeku pada suhu 0 derajat celcius dan air mendidih pada suhu 100 derajat celcius.
2. Farenheit (F)
Fahrenheit (F) merupakan skala pengukur suhu yang paling banyak dipakai di Amerika Serikat. Skala Fahrenheit mempunyai satuan derajat Fahrenheit (F). Di skala ini, air mendidih ada pada suhu 212 derajat F, sementara air membeku ada pada skala 32 derajat F.
3. Kelvin (K)
Skala Kelvin (K) tidak memiliki derajat. Satuan pada skala ini adalah Kelvin (K). Dalam skala ini air mendidih pada suhu 373,15 Kelvin dan air membeku pada suhu 273,15 Kelvin.
4. Reamur (R)
Skala Reamur memiliki satuan derajat Reamur (R). Pada skala ini, suhu untuk air mendidih adalah 80 derajat R, dan suhu pada air membeku sebesar 0 derajat R.

Sehingga, 8°C artinya positif 8° diatas 0° dalam satuan suhu celcius.

Jadi, jawaban yang benar adalah “Artinya adalah delapan derajat celcius”.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment