apakah yang kupu kupu biston betularia dapat disebut evolusi?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

apakah yang kupu kupu biston betularia dapat disebut evolusi?

Jawaban:

Ya, kupu-kupu biston betularia dapat disebut evolusi. Evolusi kupu-kupu biston betularia merupakan bentuk adaptasi dan seleksi alam

Penjelasan:

Sebelum terjadi revolusi industri di Inggris, jumlah populasi ngengat Biston betularia yang berwarna cerah lebih banyak daripada yang berwarna gelap. Sebaliknya, setelah terjadi revolusi industri jumlah populasi ngengat Biston betularia berwarna cerah jumlahnya menjadi lebih sedikit dibanding dengan yang berwarna gelap. Hal tersebut terjadi karena sebelum revolusi industri, lingkungan, pohon, dan bunga-bunga berwarna cerah. Ngengat berwarna cerah lebih adaptif dengan lingkungannya sehingga tidak terlihat oleh predator atau mangsanya. Oleh karena itu, ngengat berwarna cerah tetap hidup, berkembang biak, dan jumlahnya semakin banyak. Namun sebaliknya, ngengat berwarna gelap mudah terlihat oleh mangsanya sehingga semakin lama jumlahnya semakin berkurang atau terkena seleksi alam. Sesudah revolusi industri, lingkungan, pohon, dan bunga-bunga tertutup oleh jelaga sehingga berwarna gelap (hitam). Ngengat berwarna gelap lebih adaptif dengan lingkungannya dibanding ngengat berwarna cerah. Ngengat berwarna gelap tidak mudah terlihat oleh mangsanya sehingga tetap hidup, berkembang biak, dan jumlahnya semakin bertambah. Namun sebaliknya, ngengat berwarna cerah mudah terlihat oleh mangsanya sehingga semakin lama jumlahnya semakin berkurang atau terkena seleksi alam.

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment