apakah Yang membuat belanda harus menunda pembebasan irian barat hingga 1 tahun setelah KMB ?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

apakah Yang membuat belanda harus menunda pembebasan irian barat hingga 1 tahun setelah KMB ?

Jawaban:

alasan yang membuat Belanda menunda pembebasan Irian Barat hingga setahun setelah Konfrensi Meja Bundar adalah karena mereka tahu bahwa Irian Barat memiliki kekayaan yang melimpah.

Penjelasan:

Meja Bundar merupKonfrensiakan sebuah perundingan untuk menyelesaikan permasalahan Indonesia dengan Kerajaan Belanda. Perundingan yang diselenggarakan di Den Hag, 23 Agustus 1949 – 2 November 1949 menghasilkan sejumlah dokumen, diantaranya Piagam Kedaulatan, Statuta Persatuan, kesepakatan ekonomi, dan kesepakatan sosial dan militer. Hasil dari perundingan ini diantaranya adalah Kerajaan Belanda diharuskan menyerahkan kedaulatan atas Indonesia sepenuhnya dengan tidak bersyarat dan tidak bisa dicabut. Lebih lanjut, Kerajaan Belanda juga harus mengakui Kemerdekaan Republik Indonesia Serikat sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

Namun hasil perundingan KMB ini tidak membuat Belanda langsung begitu saja menyerahkan seluruh Wilayah Indonesia kepada Republik Indonesia Serikat. Daerah seperti Irian Barat harus ditunda penyerahannya hingga satu tahun setelah perundingan KMB berlangsung. Alasan Belanda menunda menyerahkan Irian Barat kepada Republik Indonesia Serikat diantaranya adalah ;

1. Irian Barat dikenal memiliki kekayaan tambang yang melimpah,
2. Belanda berniat menjadikan Irian Barat sebagai tempat penyebaran Agama Kristen di Asia Pasifik,
3. Belanda ingin menjaga kehormatannya dengan tidak langsung memberikan seluruh wilayah Indonesia kepada Republik Indonesia Serikat,
4. Belanda berniat menjadikan Irian Barat sebagai negara boneka Belanda.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

 

 

Leave a Comment