Artefak merupakan sumber data yang menunjang penelitian historik. Metode pengumpulan data yang bersumber dari artefak adalah

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Artefak merupakan sumber data yang menunjang penelitian historik. Metode pengumpulan data yang bersumber dari artefak adalah…
A. Observasi
B. Kuesioner
C. Wawancara
D. Studi kepustakaan
E. FGD (Focus Group Discussion)

Jawaban:

D. Studi kepustakaan

Penjelasan:

Artefak merupakan benda arkeologi atau peninggalan benda-benda bersejarah yang termasuk ke dalam sumber informasi yang didapatkan dengan metode studi kepustakaan.

Studi kepustakaan secara definisi merupakan kegiatan pengumpulan data dan informasi yang memuat berbagai ragam kajian teori yang sangat dibutuhkan peneliti. Studi kepustakaan dapat dilakukan dari berbagai sumber, seperti buku, koran, majalah, naskah, catatan sejarah, arsip dan laporan penelitian terdahulu. Beberapa tempat yang menyediakan sumber data dengan metode studi kepustakaan diantaranya seperti perpustakaan, museum, tempat penyimpanan arsip, kantor-kantor berita, stasiun televisi, dan radio.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment