Bacalah Cerita Fantasi Berikut! Dunia Anak Hari Ini, Zahwa Dan Zahra Pulang Cepat. “hei Awa, Aku Ada Kejutan Untukmu!” Seru Zahra “sesuatu?” Tanya Zahra Heran, “yap Sesuatu Yang Bisa Membuatmu Terkejut 100 Persen” Jawab Zahra Girang. Zahra Membawa Zahwa Adik Kembarnya Ke Tempat Sejenis Pintu. “ada Apa Kamu Membawa Aku Ke Sini?” Tanya Zahwa Bingung. Zahra Tidak Menjawab Dan Memencet Sejenis Tombol Dan Pintu Besar Itu Terbuka Lebar, Karpet Merah Pun Tergerai Menyambut Kedatangan Mereka. “i.. Ini A.. Aapa” Gagap Zahwa Tak Percaya, “sudah Masuk Saja” Ajak Zahra. Sebuah Kerajaan Ada Di Depan Mata Mereka, Seorang Pelayan Pun Membawa Tas Mereka Berdua. “zahra!” Panggil Seorang Putri Cantik Dengan Mahkotanya Yang Indah. “ini Yang Kemarin Aku Bilang. Zahwa Namanya, Adik Kembarku” Jawab Zahra Memberitahu, “kau Juga Tak Kalah Cantik Dengan Kakakmu” Puji Putri Itu, “zahwa Ini Zeta, Sahabat Kita Dulu” Zahra Mengenalkan, “zeta?!” Seru Zahwa Tak Percaya, “iya Awa Dia Zeta” Jawab Zahra. Mereka Bertiga Bersenda Gurau Dan Bermain Bersama Sampai Waktu Sudah Sore, Zahwa Dan Zahra Pamit Pulang. “terimakasih Pelayanan Dan Penyambutannya” Ucap Zahwa, “iya Sama-sama” Jawab Zeta. Ternyata Di Bumi, Masih Siang Dan Belum Sore. “bagaimana Kamu Tahu Itu Zah?” Tanya Zahwa, “hahaha. Saat Itu Aku Pulang Sendirian Dan Bersandar Di Pintu Itu Lalu Tak Sengaja Aku Menekan Tombol Dan Sejak Itu Aku Mengetahu Dunia Fantasi Ini” Jawab Zahra Menjelaskan

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Bacalah cerita fantasi berikut! Dunia Anak Hari ini, Zahwa dan Zahra pulang cepat. “Hei Awa, aku ada kejutan untukmu!” seru Zahra “Sesuatu?” tanya Zahra heran, “Yap sesuatu yang bisa membuatmu terkejut 100 persen” jawab Zahra girang. Zahra membawa Zahwa adik kembarnya ke tempat sejenis pintu. “Ada apa kamu membawa aku ke sini?” tanya Zahwa bingung. Zahra tidak menjawab dan memencet sejenis tombol dan pintu besar itu terbuka lebar, karpet merah pun tergerai menyambut kedatangan mereka. “I.. ini a.. aapa” gagap Zahwa tak percaya, “Sudah masuk saja” ajak Zahra. Sebuah kerajaan ada di depan mata mereka, seorang pelayan pun membawa tas mereka berdua. “Zahra!” panggil seorang putri cantik dengan mahkotanya yang indah. “Ini yang kemarin aku bilang. Zahwa namanya, adik kembarku” jawab Zahra memberitahu, “Kau juga tak kalah cantik dengan kakakmu” puji putri itu, “Zahwa ini Zeta, sahabat kita dulu” Zahra mengenalkan, “Zeta?!” seru Zahwa tak percaya, “Iya Awa dia Zeta” jawab Zahra. Mereka bertiga bersenda gurau dan bermain bersama sampai waktu sudah sore, Zahwa dan Zahra pamit pulang. “Terimakasih pelayanan dan penyambutannya” ucap Zahwa, “Iya sama-sama” jawab Zeta. Ternyata di bumi, masih siang dan belum sore. “Bagaimana kamu tahu itu Zah?” tanya Zahwa, “Hahaha. Saat itu aku pulang sendirian dan bersandar di pintu itu lalu tak sengaja aku menekan tombol dan sejak itu aku mengetahu dunia fantasi ini” jawab Zahra menjelaskan

Sejak Zahwa mengetahui ini. Zahra dan Zahwa setiap hari bermain di sana dan ternyata

sepulang dari sana selalu membawa benda tanpa sepengetahuan mereka.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Sebutkan tokoh pada teks tersebut!

2. Sebutkan rangkaian cerita teks di atas!

3. Sebutkan latar teks di atas!

4. Sebutkan keanehan/ keajaiban pada teks cerita di atas!

5. Sebutkan jenis teks di atas!​

tolong yaa ka

Jawaban:

Kelas: 7
Topik: Teks Cerita Fantasi

Hai Intan W.

Teks cerita fantasi adalah teks yang menyajikan cerita khayalan atau cerita yang berdasarkan imajinasi pengarang. Ciri-ciri teks cerita fantasi ditandai dengan adanya keajaiban, keanehan, kemisteriusan, ide cerita berasal daya khayal penulis, tokoh yang unik, bisa menggunakan latar lintas ruang dan waktu. Unsur-unsur dalam teks cerita fantasi adalah (1) tema: ide cerita yang dikembangan di dalam teks; (2) tokoh: pemeran atau orang yang terlibat di dalam cerita; (3) penokohan: karakter yang dilakoni oleh tokoh cerita; (4) latar: tempat, waktu, suasana cerita; (5) alur: jalan cerita yang mengurutkan rangkaian peristiwa di dalam cerita; (6) sudut pandang, cara penulis menyampaikan isi cerita; (7) amanat: pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca; (8) nilai kehidupan, seperti nilai sosial, nilai moral, nilai budaya, dan nilai agama. Berdasarkan latar cerita, teks cerita fantasi dapat dibagi atas dua kategori saja, yaitu cerita fantasi sezaman dan cerita fantasi lintas waktu. Jenis teks cerita fantasi juga dibagi berdasarkan isi cerita, (1) cerita fantasi total jika semua isi cerita merupakan dunia fantasi dan (2) cerita fantasi irisan jika sebagian isi cerita berkisah tentang dunia nyata dan sebagian berkisah tentang dunia fantasi. Teks cerita fantasi disusun atas beberapa struktur, yakni orientasi, komplikasi, dan resolusi. Orientasi berisi pengenalan atau pengantar dari tentang tema cerita fantasi. Komplikasi berisi hubungan sebab akibat pada suatu masalah yang diceritakan hingga masalah itu memuncak. Resolusi adalah penyelesaian masalah dari konflik yang telah terjadi pada bagian komplikasi.

Dengan demikian, berikut adalah jawaban dari pertanyan-pertanyaan di atas.
1. Tokoh yang terdapat dalam teks di atas adalah Zahwa, Zahra, putri istana (Zeta), dan pelayan istana.
2. Rangkaian cerita di atas dimulai dengan struktur orientasi yang memberi pengantar bahwa kisah itu dimulai saat Zahra dan Zahwa pulang lebih cepat dari sekolah, selanjutnya bagian komplikasi yang dimulai pada saat mereka memencet tombol pintu besar yang membawa mereka ke sebuah dunia fantasi. Terakhir ditutup dengan kembalinya Zahwa dan Zahra ke bumi setelah puas bermain bersama Zeta di istana dunia fantasi.
3. Latar waktu: siang har, latar tempat: rumah (bumi) dan istana (dunia fantasi).
4. Keajaiban pada teks cerita fantasi di atas diceritakan pada sebuah pintu ajaib yang mampu membawa Zahra dan Zahwa ke dunia fantasi.
5. Jenis teks cerita fantasi di atas tergolong ke dalam cerita fantasi irisan yang menceritakan sebagian tentang dunia nyata dan sebagian tentang dunia khayalan.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment