Bacalah Dengan Saksama Teks Negosiasi Di Bawah Ini.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Bacalah dengan saksama teks negosiasi di bawah ini.
Uang Saku Maria
Anak : Yah … , Ayah lagi sibuk ngga? Aku mau ngomong sesuatu, nih. (Mendekat dan berdiri di samping menempel kursi tempat ayahnya duduk)
Bapak : (Menutup koran yang sedang dibacanya) Enggak. Kamu mau ngomong apa, Ria? Kok serius amat kelihatannya. (Mengamati raut wajah putrinya)
Anak : Ayah sudah tahu kan, harga BBM sudah naik dan harga-harga pada ikutan naik semua.
Bapak : Lalu?
Anak : Uang sakuku selama ini kan Rp50.000 per minggu. Kemarin-kemarin mungkin segitu cukup, tapi sekarang…. mau jajan di kantin harus putar otak dulu, Yah.
Bapak : Lalu? Uang sakumu minta ditambah, begitu kan?
Anak : Betul sekali! Ayah kok bisa membaca pikiran Ria. Jadi, Rp 150.000 per minggu, ya Yah? (Pindah berdiri di depan ayahnya)
Bapak : Hahh?? Kenapa naiknya jadi 100% lebih. Yang benar saja Ria, memangnya Ayahmu ini pengusaha?
Anak : Ayah pelit!!! Ayah tahu nggak sih, sekarang nggak ada barang yang murah.
Bapak : Tapi, kalau segitu, ya Ayah jelas tidak mampu. (Membuka kembali korannya dan melanjutkan membaca) Kamu sendiri tahu kan, berapa gaji Ayah? Belum lagi adikmu, si Juan sebentar lagi masuk SMP dan perlu duit banyak. Bisa-bisa, adikmu tidak bisa ngelanjutin sekolah kalau kamu minta uang saku segitu.
Anak : Ya, Yah aku ngerti itu. Tapi, Ayah juga mestinya ngertiin masalahku juga. Kalau aku tiap hari harus nahan lapar, terus nggak bisa konsentrasi belajar, terus sakit mag, terus masuk rumah sakit… Ayah juga nanti yang repot dan keluar duit lebih banyak. Ayolah Yah…
Bapak : (Menurunkan korannya yang menutupi wajah) Loh … loh …, kok jadi ngelantur ke mana-mana. Begini, Ayah akan naikkan jadi Rp80.000. ltu sudah di atas nilai kenaikan harga BBM yang hanya 40%. Bagaimana? Ka lau nggak mau, ya sudah.
Anak : Jangan begitu dong, Yah. Kalau segitu, kayaknya sih masih mepet sekali. Paling baru cukup buat jajan. Buat beli pulsa pake apa?
Bapak : Ya sudah, Ayah tambahi jadi Rp90.000. Sepuluh ribunya khusus buat beli pulsa.
Anak : Makasih Yah. Begitu dong Yah.
Bapak : Tapi tunggu dulu, itu juga ada syaratnya.
Anak : Haah, masih pake syarat segala? (Mata membelalak)
Bapak : Kalau nilai rapor kamu semester ini tidak ada peningkatan, Ayah kurangi lagi Rp 15.000.
Anak : Tenang Yah. Kalo cuma itu sih kecil. Ria akan makin rajin belajar dan semester ini juara kelas akan berada di tanganku.
Bapak : Ayah percaya, kamu pasti bisa. Sudahlah, sana segera berangkat sekolah. Mobil jemputan sepertinya sudah nunggu di depan rumah.
Anak : Oke, terima kasih kenaikan uang sakunya, Yah. Ria berangkat dulu, ya Yah. (Mencium tangan ayahnya)
Bapak : Ya, hati-hati.

Apakah tuntutan yang diajukan oleh Maria?

Jawaban:

Tuntutan yang diajukan Maria adalah kenaikan uang saku.

Penjelasan:

Teks negosiasi adalah teks yang berisi proses tawar-menawar untuk mencapai suatu kesepakatan.

Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi, yaitu:
1. Kesediaan semua pihak untuk berkompromi.
2. Tidak ada pihak yang dirugikan.
3. Kesepakatan yang dicapai bersifat praktis.
4. Alasan yang disertakan mampu memengaruhi pihak lain.

Tuntutan yang diajukan Maria adalah kenaikan uang saku, seperti yang terlihat pada kutipan “Uang sakuku selama ini kan Rp50.000 per minggu. Kemarin-kemarin mungkin segitu cukup, tapi sekarang, mau jajan di kantin harus putar otak dulu, Yah.”

Dengan demikian, tuntutan yang diajukan Maria adalah kenaikan uang saku.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment