Bacalah Kutipan Hikayat Berikut Ini Untuk Menjawab Soal Nomor 36 S.d. 38!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Bacalah kutipan hikayat berikut ini untuk menjawab soal nomor 36 s.d. 38!
Alkisah, ini hikayat orang dahulu kala. Diceritakan orang yang empunya cerita ini kisah pelanduk jenaka, pribijaksana, pandai ia berbuat dusta segala *binatang di dalam hutan rimba belantara. Demikianlah bunyinya, sekali peristiwa ada seekor pelanduk, maka ia duduk kepada suatu rimba hampir dengan Gunung lndrakila namanya disebut orang dan padang itu pun begitu luasnya. Maka, banyaklah pada tempat itu segala *bina-tang margasatwa sekaliannya berhimpun di sana.

36. Judul yang sesuai untuk penggalan hikayat di atas adalah …
A. Hikayat Pelanduk Jenaka
B. Hikayat Gunung lndrakila
C. Hikayat Si Pendusta
D. Hikayat Orang Dahulu Kata
E. Hikayat Seekor *Bina-tang

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah A.

Penjelasan:

Hikayat adalah salah satu jenis cerita rakyat yang disajikan dengan bahasa Melayu klasik yang menonjolkan unsur penceritaan berciri kemustahilan dan kesaktian tokoh-tokohnya.

Judul merupakan kepala karangan karena terletak di bagian awal suatu karangan, bagian atas suatu bab atau paragraf, atau di bagian sampul sebuah buku.

Langkah-langkah menentukan judul teks adalah sebagai berikut.
1. Temukan kata yang ditulis berulang dalam teks tersebut. Ditulis berulang berarti kata tersebut selalu ditulis dalam setiap paragraf.
2. Temukan ide pokok pada kalimat utama di paragraf pertama. Biasanya judul dari teks ini terdapat pada kalimat yang ditandai dengan verba definitif, seperti kata “yaitu”, “adalah”, “merupakan”, “ialah”, dan lain-lain.
3. Baca keseluruhan teks tersebut dan kemudian menyimpulkannya.

Hikayat tersebut menceritakan tentang kisah pelanduk jenaka. Judul yang sesuai untuk penggalan hikayat di atas adalah “Hikayat Pelanduk Jenaka”. Hal ini dibuktikan dengan kutipan, “Alkisah, ini hikayat orang dahulu kala. Diceritakan orang yang empunya cerita ini kisah pelanduk jenaka, pribijaksana, pandai ia berbuat dusta segala *binatang di dalam hutan rimba belantara….”

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment