Bacalah Kutipan Novel Berikut!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Bacalah kutipan novel berikut!
Di muara jalan, tepat di tepi halaman-halaman disediakan balai-balai dengan anjungan tempat beristirahat tetamu. Biasanya setelah melewati ompong, para tamu dipersilakan melepaskan lelahnya sambil menikmati nyanyian muda-mudi yang disebut loak.
(Upacara, Korrie Layun Rampan)

Istilah kedaerahan yang terdapat dalam penggalan novel tersebut adalah ….
A. muara dan balai-balai
B. balai-balai dan ajungan
C. tetamu dan ompong
D. ompong dan loak
E. dipersilakan dan muda-mudi

Jawaban:

Jawaban soal di atas adalah D.

Penjelasan:

Istilah adalah kata atau gabungan kata yang digunakan sebagai nama atau lambang yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kedaerahan adalah sifat-sifat atau segala sesuatu mengenai daerah. Kedaerahan berasal dari kata dasar daerah.

Penggunaan istilah kedaerahan yang terdapat dalam penggalan novel dapat diketahui pada kalimat dalam novel ini menggunakan bahasa daerah yang tidak termasuk dalam bahasa baku.

Terdapat dalam kutipan
“Biasanya setelah melewati ompong, para tamu dipersilakan melepaskan lelahnya sambil menikmati nyanyian muda-mudi yang disebut loak.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.ompong dan loak

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment