Bacalah Paragraf Di Bawah Ini Dengan Saksama!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Sementara di Hotel Hyatt Regency Yogya, 1.000 lampion diterbangkan ke langit bersama harapan pada tahun 2016 di Bogey’s Teras. (2)“Dalam setiap lampion yang diterbangkan, terdapat tulisan akan harapan pada tahun 2016. (3)Kita percaya pada tahun 2016 lebih baik ketimbang tahun sebelumnya,” ujar Ayu Hellena Coenellia, marketing Communication hotel Hyatt Regency Yogya.
Kedaulatan Rakyat, 2 Januari 2016

Kalimat nomor (2) tidak efektif karena tidak bersubjek, penyebabnya adalah ….
a. Penggunaan kata ‘dalam’ di awal kalimat.
b. Penggunaan frasa ‘setiap lampion’
c. Penggunaan frasa ‘akan harapan’
d. Penggunaan frasa ‘yang diterbangkan’
e. Penggunaan kata ‘pada’ dan ‘tahun’

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Penjelasan:

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis kalimat efektif.
1. Kehematan kata: kata yang digunakan dalam kalimat harus cermat, tidak boros, dan harus berhati-hati baik secara penggunaan kata maupun makna.
2. Ketepatan: informasi yang disampaikan harus sesuai dengan sasaran dan tidak menimbulkan makna ganda (ambigu), tidak jelas, dan membingungkan pembaca.
3. Kejelasan struktur: struktur dalam kalimat harus jelas dan lengkap strukturnya, minimal terdiri dari subjek dan predikat sehingga pembaca lebih mudah memahami isi dari kalimat tersebut.
4. Kesejajaran: struktur yang digunakan dalam kalimat harus paralel, sama, atau sederajat.
5. Ketegasan: informasi yang disampaikan dalam kalimat merupakan informasi inti saja, tidak berbelit, dan disampaikan secara sederhana.

Kesalahan pada kalimat (2) terletak pada penggunaan kata “dalam” yang membuat subjek berubah menjadi keterangan. Akan lebih baik kata tersebut dihilangkan saja.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment