Bacalah Teks Biografi Berikut!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Bacalah teks biografi berikut!
(1) Ia suka dipanggil Tutun oleh keluarganya, dan disapa Atun oleh teman-teman dekatnya. Ia sendiri biasa menuliskan namanya, Ramadhan K.H. semacam kependekan dari Ramadhan Kartahadimadja. Lahir di Bandung, 16 Maret 1927, Ramadhan adalah anak ke tujuh dari sepuluh bersaudara. Ayahnya Rd. Edjeh Kartahadimadja, adalah seorang patih pada masa kekuasaan Hindia-Belanda. Ramadhan lahir dari pernikahan Rd. Kartahadimadja dengan istri ketiganya, Sadiah.
(2) Masa kecil Ramadhan dilewatkan di Cianjur, sebuah kota yang dipeluk hawa sejuk, tanah kelahiran pengarang ternama Utuy Tatang Sontani (1918-1978).
(3) Dunia Ramadhan serupa bianglala: Ia mengubah puisi dan mengarang novel serta cerita pendek; ia pernah bekerja sebagai wartawan, mengasuh ruangan kebudayaan, dan hingga kini menjadi penulis lepas; ia menerjemahkan karya-karya sastra mancanegara dan turut aktif membangun jembatan budaya yang menghubungkan Indonesia dengan negeri-negeri asing; ia menyunting sejumlah buku dan pernah turut mengelola lembaga penerbitan; ia pernah ikut aktif dalam pengelolaan organisasi kesenian; ia pun belakangan terkenal sebagai penulis biografi tokoh-tokoh terkemuka Indonesia. Tak diragukan lagi , Ramadhan K.H. menduduki tempat terpandang di jajaran penulis Indonesia.
(Sumber: Dikutip dari buku: Ra m ad han K.H. Tiga Perempat Abad)

Berdasarkan teks biografi tersebut yang termasuk struktur orientasi adalah ….
A. paragraf (1)
B. paragraf (2)
C. paragraf (3)
D. paragraf (2) dan (3)
E. paragraf (1) dan (2)

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah A

Teks biografi merupakan tulisan yang menceritakan tentang kehidupan seseorang, baik tokoh penting ataupun tidak. Struktur teks biografi, yaitu:
1. Orientasi
Bagian yang memperkenalkan tokoh serta gambaran awal mengenai tokoh yang akan dibahas pada teks biografi tersebut.
2. Peristiwa dan masalah
Bagian yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh tokoh, termasuk hal-hal yang mengagumkan dan mengharukan.
3. Reorientasi
Bagian ini berisi tentang pandangan penulis mengenai tokoh yang diceritakan. Namun bagian ini bersifat opsional.

Berdasarkan teks biografi di atas, bagian orientasi terdapat pada paragraf (1) karena paragraf tersebut menceritakan gambaran awal serta memperkenalkan tokoh Ramadhan K.H.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Paragraf (1)

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment