Bacalah Teks Hasil Observasi Yang Berjudul ‘teratai’ Berikut Ini Dengan Saksama!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Bacalah teks hasil observasi yang berjudul ‘Teratai’ berikut ini dengan saksama!
Teratai
Teratai adalah jenis tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Dalam bahasa lnggris dikenal sebagai waterlily. Tanaman ini cukup mudah tumbuh. Bunganya yang indah dan lingkar daunnya yang bulat membuat banyak orang tertarik menggunakannya sebagai tanaman hias.
Tanaman teratai tumbuh di permukaan air yang tenang dan berlumpur. Bunga dan daunnya terdapat di permukaan air. Bunga teratai mempunyai bau yang harum, tumbuh tinggi ke atas permukaan air dengan panjang tangkai sekitar 75-200 cm, berdiameter 15-25 cm, memiliki benang sari yang banyak, kepala sari berwarna kuning, mahkota bunga berukuran lebar dengan warna kuning, merah muda, dan putih. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau oval yang lebar dan terpotong pada jari-jari menuju tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.
Walaupun mekar dengan singkat, bunga teratai sangat baik sekali untuk dijadikan sumber obat maupun makanan. Sebagai obat, bunga teratai bermanfaat dalam mengatasi berbagai macam penyakit, di antaranya, disentri, demam, muntah, batuk darah, keputihan, tumor, insomnia, mimisan, sakit kepala, hipertensi, dan anemia. Sebagai makanan, bunga teratai mengandung *biji yang dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat (sebesar 87,67%, hampir setara beras dan tepung terigu) pengganti beras atau dapat juga dijadikan te pung u ntuk bahan baku pembuatan kue. Selain mengandung karbohidrat, kandungan gizi *biji teratai lainnya adalah vitamin C, protein, lemak, asam amino, dan asam lemak esensial yang lengkap.
Teratai terdiri dari sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropik hingga subtropik seluruh dunia. Teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir.
(Disarikan dari berbagai sumber)

Bagaimanakah bentuk tanaman teratai?

Jawaban:

Tanaman teratai memiliki daun berbentuk bundar.

Penjelasan:

Informasi adalah kumpulan data berupa fakta yang diolah menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi pembaca atau pendengar. Untuk menemukan pernyataan yang benar dalam teks, dapat dilakukan dengan menemukan informasi penting yang terdapat dalam teks/paragraf.

Berdasarkan teks di atas tanaman teratai memiliki daun berbentuk bundar. Hal tersebut terdapat pada kalimat “Daun berbentuk bundar atau oval yang lebar dan terpotong pada jari-jari menuju tangkai.”

Dengan demikian, tanaman teratai memiliki daun berbentuk bundar.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment