Bacalah Teks Novel Di Bawah Ini!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

bacalah teks novel di bawah ini!
(1)seperti diperintah oleh tenaga ghaib, gadis pantai pun berdiri dan mengikuti segala gerak gerik bendoro dari permadani belakang. (2) pikirannya melayang ke laut, pada kawan-kawan sepermainannya, pada bocah-bocah pantai berkulit dekil, bergolek-golek di pasir hangat pagi hari. (3) dahulu ia pun menjadi bagian dari gerombolan anak-anak itu. (4) dan ia juga tak dapat mengerti, benarkah ia menjadi jauh lebih bersih karena basuhan air wangi?(5) ia merasa masih seperti bocah yang dulu, menepi-nepi pantai sampai ke muara, pulang ke rumah kaki terbungkus lumpur amis. (gadis pantai, pramodya ananta toer) majas simile merupakan perbandingan yang bersifat eksplisit, pada hakikatnya membandingkan dua hal yang berlainan dengan sengaja dan dianggap sama, ia langsung menyatakan sesuatu sama dengan hal yang lain.

pada kutipan di atas, kalimat yang mengandung majas simile adalah….

Jawaban:

Pada kutipan di atas, kalimat yang mengandung majas simile adalah kalimat (1) dan kalimat (5).

Penjelasan:

Berikut adalah jenis-jenis majas.
1. Majas personifikasi: majas yang melukiskan benda selain manusia, berperilaku seperti manusia. Contohnya adalah daun itu melambai-lambai padaku.
2. Majas hiperbola: majas yang melebih-lebihkan sesuatu. Contohnya adalah jantungku seperti mau copot.
3. Majas simile: majas pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap mengandung segi yang serupa. Secara eksplisit menggunakan kata seperti, bagaikan, laksana, bak, seolah.
4. Majas metafora: majas yang menggunakan perbandingan dengan menggunakan ungkapan. Contohnya adalah pemuda adalah tulang punggung negara.

Majas simile terdapat pada kedua kalimat berikut.
1. Kalimat (1) “Seperti diperintah oleh tenaga ghaib, gadis pantai pun berdiri dan mengikuti segala gerak gerik bendoro dari permadani belakang.”
2. Kalimat (5) “Ia merasa masih seperti bocah yang dulu, menepi-nepi pantai sampai ke muara, pulang ke rumah kaki terbungkus lumpur amis.”
Kedua kalimat tersebut termasuk ke dalam majas simile sebab mengandung kata “seperti” yang merupakan kata kunci dari majas tersebut.

Dengan demikian, pada kutipan di atas, kalimat yang mengandung majas simile adalah kalimat (1) dan kalimat (5).
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment