Bagaimana Cara Kerja Ginjal

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Bagaimana cara kerja ginjal

Jawaban:

Ginjal yang tersusun dari banyak nefron bekerja dengan tiga proses yaitu filtrasi (penyaringan darah dan protein), reabsorpsi (penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna), serta augmentasi (penambahan zat yang tidak berguna).

Penjelasan:

1. Nefron memulai kegiatan pembentukan urine dengan proses filtrasi yang terjadi pada glomerulus dan kapsula Bowman. Hasilnya adalah urine primer.
2. Urine primer menuju TKP (Tubulus Kontortus Proksimal) yang bersama lengkung Henle menjadi tempat dalam proses reabsorpsi. Dalam TKP terjadi penyerapan air serta penyaringan glukosa dan asam amino. Sedangkan pada lengkung Henle terjadi penyerapan air, ion Na, dan ion Cl. Hasilnya adalah urine sekunder yang mengandung air, garam, urea, obat-obatan, dan amonia.
3. Urine sekunder menuju ke TKD (Tubulus Kontortus Distal) dan terjadi proses augmentasi yaitu penambahan zat yang tidak berguna. Beberapa zat sisa seperti asam urat, ion hidrogen, amonia, dan kreatinin ditambahkan ke dalam urine sekunder sehingga tubuh terbebas dari zat-zat berbahaya. Hasilnya urine sesungguhnya.
4. Urine sesungguhnya menuju ke TKK (Tubulus Kontortus Kolektivus) dan selanjutnya akan menuju ke kandung kemih untuk ditampung sementara sebelum dikeluarkan.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment