Bagaimana Caranya Agar Pidato Kita Dapat Didengar Dengan Jelas Dan Dipahami Oleh Semua Hadirin

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

bagaimana caranya agar pidato kita dapat didengar dengan jelas dan dipahami oleh semua hadirin

Jawaban:

Cara agar pidato dapat didengar dengan jelas dan dipahami oleh pendengar adalah mengetahui siapa yang menjadi pendengarnya, memerhatikan suasana tempat berpidato, materi pidato harus sesuai dengan yang diinginkan pendengar, dan menggunakan bahasa yang sopan serta komunikatif.

Penjelasan:

Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak umum untuk menyampaikan pendapat atau memberi gambaran mengenai suatu hal. Sebelum berpidato biasanya pembicara akan membuat teks pidato terlebih dahulu sebagai panduan saat berbicara di depan umum.

Beberapa cara agar pidato dapat didengar dengan jelas dan dipahami oleh pendengar adalah sebagai berikut.
1. Mengetahui siapa saja yang menjadi pendengar atau audiensnya dan berapa banyak jumlahnya.
2. Memerhatikan suasana atau kondisi tempat ketika berpidato.
3. Materi pidato harus sesuai dengan yang diinginkan pendengar. Jangan menggunakan materi yang justru bertentangan dengan kemauan, adat, norma, agama atau tatanan yang dianut oleh masyarakat pendengar.
2. Dalam berpidato, ada baiknya menggunakan bahasa yang sopan dan komunikatif sesuai dengan tingkat bahasa pendengarnya, serta gunakan bahasa baku jika berpidato dalam forum resmi.

Dengan demikian, cara agar pidato dapat didengar dengan jelas dan dipahami oleh pendengar adalah mengetahui siapa yang menjadi pendengarnya, memerhatikan suasana tempat berpidato, materi pidato harus sesuai dengan yang diinginkan pendengar, dan menggunakan bahasa yang sopan serta komunikatif.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment