Bagaimana melihat perbedaan stratifikasi sosial dan mobilitas sosial ?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Bagaimana melihat perbedaan stratifikasi sosial dan mobilitas sosial ?

Jawaban:

stratifikasi merupakan penggolongan masyarakat berdasarkan lapisan sosial secara bertingkat, sementara mobilitas sosial merupakan perpindahan penduduk dari lapisan sosial yang satu ke lapisan sosial yang lain.

Penjelasan:

Stratifikasi sosial merupakan salah satu fenomena sosial yang menggambarkan penggolongan masyarakat ke dalam berbagai lapisan tertentu. Misalnya, kelompok masyarakat miskin, masyarakat menengah, dan masyarakat kaya. Memahami stratifikasi sosial berarti memahami kelompok-kelompok atau kelas-kelas yang ada dalam masyarakat. Sementara itu, Soerjono Soekanto mendefinisikan mobilitas sosial sebagai suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial di masyarakat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mobilitas sosial merupakan gerak perpindahan status atau kedudukan individu maupun kelompok dari satu lapisan sosial ke lapisan sosial yang lain, baik secara vertikal maupun horizontal.

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

 

 

Leave a Comment