Bagaimana Peran Ulama Dan Kaum Bangsawan Saat Kebangkitan Nasional?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

bagaimana peran ulama dan kaum bangsawan saat kebangkitan nasional?

Jawaban:

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sebagai pemimpin dalam gerakan perjuangan melawan penjajah.

Penjelasan:

Penjajah Belanda dapat menguasai bangsa Indonesia dalam waktu lama karena rakyat Indonesia mudah dipecah belah dan perjuangan yang dilakukan oleh merkea hanya bersifat kedaerahan. Akan tetapi, kesadaran rakyat di nusantara untuk bangkit dari penjajahan mulai tumbuh. Kebangkitan Nasional mulai muncul seiring lahirnya generasi muda yang terdidik dan peduli terhadap kemerdekaan Indonesia.

Pada 1908 muncul Boedi Oetomo, yaitu merupakan sebuah organisasi nasional pertama yang meletakkan semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Penderitaan rakyat Indonesia di seluruh nusantara menumbuhkan gerakan-gerakan perlawanan yang terjadi di berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah ini dipimpin ulama dan kaum bangsawan.

Dengan demikian, peran ulama dan kaum bangsawan saat Kebangkitan Nasional yaitu sebagai pemimpin dalam gerakan perjuangan melawan penjajah.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment