Bagaimana proses metabolisme protein? Dan apakah peranan siklus Krebs pada metabolisme protein?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Bagaimana proses metabolisme protein? Dan apakah peranan siklus Krebs pada metabolisme protein?

 

Jawaban:

Siklus Krebs dalam metabolisme protein berperan untuk menghasilkan ATP ketika sumber karbohidrat dan lemak tidak ditemukan. Proses metabolisme protein dimulai dengan memecah protein menjadi asam amino. Gugus asam amino kemudian akan menjadi asam piruvat. Proses tersebut kemudian berlanjut di mana asam piruvat akan memasuki tahap dekarboksilasi oksidatif, siklus Krebs, dan transpor elektron untuk menghasilkan energi.

 

Penjelasan:

Protein digunakan sebagai sumber energi ketika cadangan karbohidrat dan lemak tidak ditemukan. Tahapan tersebut dimulai dengan cara protein dipecah menjadi gugus asam amino dengan enzim protease dan air. Gugus karboksil (-COOH) akan menjadi asam piruvat, sedangkan gugus amin (-NH2) akan diubah menjadi NH3 dan dibuang melalui urine. Asam piruvat dapat memasuki tahap dekarboksilasi oksidatif lalu ke siklus Krebs; atau langsung menuju ke tahap siklus Krebs.

– Jalur protein – asam amino – asam piruvat
Asam amino dikonversi menjadi asam piruvat, kemudian asam piruvat akan diubah menjadi asetil ko-A dan memasuki siklus Krebs untuk menghasilkan energi.
– Jalur protein – asetil ko-A – siklus Krebs
Asam amino digunakan untuk pembentukan asetil ko-A terlebih dahulu, selanjutnya memasuki siklus Krebs untuk menghasilkan energi.
– Jalur protein – siklus Krebs
Asam amino secara langsung dimanfaatkan menuju siklus Krebs untuk menghasilkan energi.

Dengan demikian, siklus Krebs dalam metabolisme protein berperan untuk menghasilkan ATP ketika sumber karbohidrat dan lemak tidak ditemukan. Proses metabolisme protein dimulai dengan memecah protein menjadi asam amino. Gugus asam amino kemudian akan menjadi asam piruvat. Proses tersebut kemudian berlanjut di mana asam piruvat akan memasuki tahap dekarboksilasi oksidatif, siklus Krebs, dan transpor elektron untuk menghasilkan energi.

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment