bagaimana proses pembekuan darah?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

bagaimana proses pembekuan darah?

Jawaban:

Pembekuan darah (hemostatis) merupakan proses tubuh yang menghentikan pendarahan akibat putus atau robeknya pembuluh darah. Proses pembekuan darah dimulai ketika salah satu pembuluh darah rusak atau robek yang mengaktifkan faktor-faktor pembekuan, seperti enzim, protein kontraktil aktomiosin atau trombostenis. Proses pembekuan darah secara ringkas dapat dilihat pada poin-poin berikut:
1. Konstraksi pembuluh darah yang bertujuan mengurangi aliran darah ke pembuluh darah yang robek.
2. Pembentukan sumbat trombosit. Apabila trombosit bersentuhan dengan dinding pembuluh darah yang rusak, maka trombosit akan membengkak.
3. Jumlah trombosit akan bertambah, faktor koagulasi (pembekuan darah) mulai aktif sehingga menutup lubang pembuluh darah yang robek.
4. Protein-protein faktor koagulasi akan mendorong produksi fibrinogen yang memicu pertumbuhan jaringan fibrosa kedalam bekuan darah. Pada akhirnya jaringan fibrosa tersebut menutupi lubang pada pembuluh darah secara permanen.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment