Bagaimana sel neuron bisa menghantarkan impuls dari ujung dendrit ke ujung dendrit selanjutnya dari ujung neurit ke neurit yang lain?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Bagaimana sel neuron bisa menghantarkan impuls dari ujung dendrit ke ujung dendrit selanjutnya dari ujung neurit ke neurit yang lain?

Jawaban:

sel neuron dengan dorongan berupa potensial aksi, dimana pompa Na+ terbuka sehingga ion Na+ akan terus memasuki sel dan mengakibatkan bagian dalam sel lebih positif dibandingkan bagian luar sel.

Ujung akson (=neurit) bagian terminal terhubung ke dendrit neuron lain melalui persimpangan/muara yang disebut sinapsis. Impuls yang dihantarkan antar neuron melalui sinaps adalah senyawa kimia yang disebut neurotransmitter. Neurotransmitter dapat keluar dari satu neuron (bagian akson/neurit) kemudian memasuki neuron lain (bagian dendrit) melalui mekanisme depolarisasi membran sel dan dapat dihantarkan dari ujung dendrit ke ujung neurit/akson dengan dorongan berupa potensial aksi. Sebelum mengetahui mekanisme depolarisai dan potensial aksi ketika terdapat impuls, terlebih dahulu Kita harus memahami bagaimana keadaan sel neuron dalam keadaan istirahat/tidak ada impuls.

Sel saraf dalam keadaan istirahat atau tidak adanya impuls, memiliki ion Na+ dan K+ yang terdistribusi sedemikian rupa sehingga bagian di dalam sel bersifat lebih negatif dibandingkan bagian luar. Hal ini dikarenakan jumlah perpindahan ion K+ dan ion Na+ (melalui pompa ion) yang tidak seimbang. Pada sel saraf, ion K+ lebih banyak terdapat di dalam sel, sedangkan ion Na+ lebih banyak terdapat di luar sel. Perbedaan konsentrasi antara ion Na+ dan K + tersebut dijaga oleh pompa sodium-potasium (Na-K). Ketika neuron (sel saraf) dalam keadaan istirahat (tidak ada impuls), pompa ion K+ terbuka lebih banyak daripada pompa Na+, sehingga untuk setiap 3 ion K+ yang keluar dari dalam sel, hanya 2 ion Na+ yang masuk ke dalam sel. Akibatnya bagian di dalam sel bermuatan lebih negatif dibandingkan bagian di luar sel. Perbedaan muatan antar membran ini disebut dengan membran potensial. Ketika sel saraf menerima impuls berupa neurotransmitter, membran potensial akan berubah. Perubahan membran potensial ini akibat dari adanya dorongan potensial aksi. Penjelasannya sebagai berikut.

Ketika ada impuls mencapai neuron, molekul tersebut akan menyebabakan beberapa pompa sodium (ion Na+) terbuka, akibatnya ion Na+ akan memasuki sel, membuat membran terdepolarisasi. Membran yang terdepolarisasi membuat sebagian besar pompa Na+ terbuka, sedangkan pompa potasium (ion K+) tertutup. Akibatnya ion Na+ akan terus memasuki sel, sehingga bagian dalam sel menjadi lebih positif dibandingkan bagian luar sel. Apabila depolarisasi mencapai ambang batas (sudah banyak Na+ yang masuk ke sel), maka terjadi potensial aksi. Potensial aksi akan menghasilkan hantaran listrik sampai ke bagian membran akson tetangganya. Akibatnya molekul impuls akan terdorong ke bagian akson tetangganya tersebut. Kejadian dorongan potensial aksi ini terus berulang seperti efek domino, sehingga akson terhantar mencapai ujung neuron.

Potensial aksi akan berakhir apabila ambang batas depolarisasi Na+ tercapai, sehingga menyebabkan sebagian besar pompa sodium (Na+) menutup. Akibatnya ion Na+ tidak bisa lagi memasuki sel. Sedangkan pompa potassium (K+) yang sebelumnya tertutup menjadi terbuka, sehingga ion K+ bisa keluar dari sel. Ion K+ akan terus keluar sel sampai keadaan di dalam sel kembali negatif. Setelah itu, pompa potassium (K+) akan menutup, sehingga membran sel akan kembali ke fase istirahat.

Dengan demikian, proses penghantaran impuls antar neuron (dari ujung dendrit ke ujung neurit dan selanjutnya dari ujung neurit ke dendrit yang lain) melibatkan mekanisme depolarisasi membran sel neuron dengan dorongan berupa potensial aksi, dimana pompa Na+ terbuka sehingga ion Na+ akan terus memasuki sel dan mengakibatkan bagian dalam sel lebih positif dibandingkan bagian luar sel.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment