Bagaimana Upaya Mengatasi Dampak Negatif Iptek Dibidang Sosial?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Bagaimana upaya mengatasi dampak negatif IPTEK dibidang sosial?

Jawaban:

Jawaban: gunakan teknologi sesuai tujuan, dampingi anak di bawah umur, dan filter informasi dengan bijak.

Penjelasan:

Perkembangan IPTEK di dunia berjalan begitu cepat. Kita dapat merasakan berbagai macam kemudahan karena segala kemajuan IPTEK. Namun kemajuan IPTEK juga memiliki dampak negatif. Oleh karena diperlukan pemahaman dan antisipasi oleh masyarakat agar dapat menghindari dampak negatif dari kemajuan IPTEK. Berikut ini beberapa cara mengatasi dampak buruk dari IPTEK:

1. Gunakan teknologi sesuai tujuan. Berbagai macam teknologi yang muncul akibat kemajuan IPTEK memiliki fungsinya masing-masing. Kita tidak boleh menggunakan teknologi untuk hal-hal tertentu karena dapat melanggar ketentuan dalam penggunaan alat tersebut. Selain itu penyalahgunaan teknologi dapat membahayakn diri kita sendiri.
2. Dampingi anak di bawah umur. Bagi anak-anak yang memiliki usia dibawah umur harus didampingi dalam menggunakan teknologi. Sebab sering kali banyak informasi yang tidak baik untuk anak dibawah umur. Banyak budaya-budaya dari asing yang dapat berpengaruh buruk bagi anak-anak. Selain itu waktu penggunaan juga diatur. Anak harus bergaul dan bersosialisasi dengan temannya.
3. Filter informasi dengan bijak. Kemajuan IPTEK membawa masuk segala informasi dan budaya dari luar. Beberapa budaya tentu tidak cocok dengan budaya Indonesia. Oleh karena itu perlu kesadaran untuk memfilter mana budaya asing yang baik dan tidak.

Dengan demikian, upaya mengatasi dampak negatif IPTEK dibidang sosial yaitu gunakan teknologi sesuai tujuan, dampingi anak di bawah umur, dan filter informasi dengan bijak.

Semoga bermanfaat ya.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment