Bagaimanakah cara mengevaluasi produk kerajinan inspirasi objek budaya lokal?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Bagaimanakah cara mengevaluasi produk kerajinan inspirasi objek budaya lokal?

Jawaban:

menentukan topik, merancang, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, dan pelaporan hasil evaluasi .

Penjelasan:

Evaluasi adalah pengukuran serta perbaikan, dalam kegiatan yang telah dilaksanakan.
Tahap evaluasi berfungsi agar dapat diketahui berbagai kekurangan serta kelemahan selama proses pembuatan karya kerajinan tersebut. Dengan berevaluasi maka dapat diketahui pula kekurangan dan kelemahan dari produk kerajinan yang dicipta, yang pada akhirnya dapat dipergunakan sebagai tolok ukur untuk melakukan perbaikan dalam proses pembuatan yang berikutnya sehingga pada akhirnya kita menghasilkan karya kerajinan yang baik dan berkualitas.

Tahapan Evaluasi:
Dalam kegiatan evaluasi terdapat beberapa tahapan penting yang saling mendukung satu sama lainnya. Mengacu pada pengertian evaluasi, adapun tahapan-tahapan evaluasi adalah sebagai berikut:
1. Menentukan topik evaluasi, yakni menentukan topik atau agenda yang akan dievaluasi sehingga tidak melebar dan fokus.
2. Merancang kegiatan evaluasi, yaitu merencanakan atau mendesain kegiatan evaluasi agar tidak ada aspek atau pelaksanaannya yang tertinggal.
3. Pengumpulan data, yaitu kegiatan untuk mengumpulkan materi dan mencatat setiap data atau informasi yang akan disampaikan dalam evaluasi.
4. Pengolahan dan analisis data, yaitu kegiatan untuk mengolah informasi dengan mengelompokkan data sehingga lebih mudah dalam melakukan analisis serta menjadi tolak ukur seberapa lama waktu evaluasi akan digelar.
5. Pelaporan hasil evaluasi, yaitu setelah melakukan berbagai kegiatan evaluasi, maka harus dilanjutkan dengan membuat laporan agar bisa menjadi acuan untuk membuat kegiatan di kemudian hari.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment