Balai Karantina Pertanian Cilegon Memusnahkan Sebanyak 200 Botol Vaksin Flu Burung Dan 382 Kg Daging Olahan. Ada Pula 35 Kg Telur Entok Dan 23 Kg Daging Sapi. Berbagai Macam Produk Itu Disita Dari Hasil Operasi Tertib Pada Agustus- September Dan Sebelum Natal 2017. Barang-barang Itu Disita Lantaran Tidak Dilengkapi Dokumen Pendukung Berupa Surat Keterangan Dari Dinas Kesehatan. Meski Tidak Ditemukan Pelanggaran Namun, Dokumen Pendukung Tidak Dilengkapi Oleh Pemilik Barang. Dalam Operasi Tersebut, Tim Bkp Dibantu Kskp Merak Melakukan Pemeriksaan Dan Pengawasan Ini Terkait Dengan Lalu Lintas Transportasi Alat Angkut Yang Dicurigai Seperti Mobil Box, Mobil Berpendingin Terus Pikap Losbak Itu Sama Bus. Ratusan Produk Pertanian Dan Kesehatan Itu Mayoritas Berasal Dari Jakarta Dan Depok. Barang-barang Tersebut Hendak Dikirim Ke Daerah Lampung Dan Medan. Dua Jenis Produk Tersebut Karena Sudah Jatuh Tempo Dan Kedaluarsa, Pihak Balai Pun Akhirnya Melakukan Pemusnahan . Hal Itu Dikatakan Sudah Sesuai Aturan, Dalam Batas Waktu Tertentu, Apabila Barang Sudah Kedaluwarsa Maka Harus Dilakukan Pemusnahan Agar Tidak Menimbulkan Efek Bahaya. Sebelum Dilakukan Pemusnahan Pihak Bkp Akan Melakukan Sosialisasi Untuk Kemudian Dilakukan Penolakan Ke Daerah Asal Apabila Pemilik Bersikap Kooperatif, Sedangkan Untuk Pemilik Yang Tidak Kooperatif Atau Menolak Untuk Datang Menerima Sosialisasi Maka Barangnya Akan Dimusnahkan.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Balai Karantina Pertanian Cilegon memusnahkan sebanyak 200 botol vaksin flu burung dan 382 kg daging olahan. Ada pula 35 kg telur entok dan 23 kg daging sapi. Berbagai macam produk itu disita dari hasil operasi tertib pada Agustus- September dan sebelum Natal 2017. Barang-barang itu disita lantaran tidak dilengkapi dokumen pendukung berupa surat keterangan dari dinas kesehatan. Meski tidak ditemukan pelanggaran namun, dokumen pendukung tidak dilengkapi oleh pemilik barang. Dalam operasi tersebut, tim BKP dibantu KSKP Merak melakukan pemeriksaan dan pengawasan ini terkait dengan lalu lintas transportasi alat angkut yang dicurigai seperti mobil box, mobil berpendingin terus pikap losbak itu sama bus. Ratusan produk pertanian dan kesehatan itu mayoritas berasal dari Jakarta dan Depok. Barang-barang tersebut hendak dikirim ke daerah Lampung dan Medan. Dua jenis produk tersebut karena sudah jatuh tempo dan kedaluarsa, pihak Balai pun akhirnya melakukan pemusnahan . Hal itu dikatakan sudah sesuai aturan, dalam batas waktu tertentu, apabila barang sudah kedaluwarsa maka harus dilakukan pemusnahan agar tidak menimbulkan efek bahaya. Sebelum dilakukan pemusnahan pihak BKP akan melakukan sosialisasi untuk kemudian dilakukan penolakan ke daerah asal apabila pemilik bersikap kooperatif, sedangkan untuk pemilik yang tidak kooperatif atau menolak untuk datang menerima sosialisasi maka barangnya akan dimusnahkan.

Komentar yang tepat berdasarkan isi wacana di atas berikut ini adalah …
A. Seharusnya para pedagang tidak hanya diberikan pembinaan karena tidak akan menimbulkan efek Jera.
B. Meskipun telah dilakukan pembinaan dan pengembalian ke daerah asal, para pedagang sebenarnya juga punya hak untuk memperjualbelikan barang dagangannya ke daerah mana pun.
C. Operasi Tertib yang dilakukan oleh BKP sebaiknya tidak hanya dilakukan menjelang libur Nasional karena tidak efektif.
D. Para pedagang di masa mendatang harus lebih pro-aktif dalam mengawasi distribusi barang dagangannya sehingga tindakan penyitaan atau penolakan tidak harus terjadi lagi di kemudian hari.
E. Baik pedagang maupun pemerintah daerah harus bekerjasama dalam setiap transaksi bahan pangan dan pertanian sehingga tidak merugikan masyarakat nantinya.

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah E.

Penjelasan:

Komentar adalah ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, cerita, dan sebagainya (untuk menerangkan atau menjelaskan). Penyampaian komentar terhadap isi teks haruslah logis atau sesuai dengan logika; benar menurut penalaran.

Teks di atas membahas pemusnahan produk-produk ayng tidak dilengkapi dokumen atau sudah kadaluarsa. Pemerintah sudah menjalankan tugasnya dengan baik, yaitu dengan memusnahkan produk-produk yang tidak layak. Namun, hal tersebut perlu didukung oleh para pedagang dengan mengontrol produknya dengan baik. Dari topik tersebut, komentar yang sesuai adalah “Baik pedagang maupun pemerintah daerah harus bekerjasama dalam setiap transaksi bahan pangan dan pertanian sehingga tidak merugikan masyarakat nantinya”.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment