Batik Adalah Kain Bergambar Yang Dibuat Dengan Teknik Bintang Warna. Bahan Perintang Yang Digunakan Adalah Malam (lilin). Teknik Bintang Warna Ini Dilakukan Dengan Cara Menorehkan Malam Panas Menggunakan Canting Pada Kain Untuk Menggambar. Bagian Yang Ditutup Malam Ini Pada Saat Proses Pewarnaan Tidak Akan Terkena Warna Sehingga Pada Saat Dilorod (menghilangkan Malam) Bagian Ini Tetap Berwarna Putih Dan Membentuk Motif Pada Kain Batik. Jika Pembuatan Ragam Hias Dilakukan Dengan Menggunakan Canting, Disebutlah Batik Tulis. Sementara Itu, Jika Pembuatan Ragam Batik Dilakukan Dengan Menggunakan Alat Uap, Disebutlah Batik Uap. Batik Printing Tidak Dapat Dikategorikan Sebagai Batik Karena Tidak Melalui Teknik Perintang Warna. Batik Printing Sebenarnya Adalah Tekstil Yang Menggunakan Ragam Hias Batik.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Batik adalah kain bergambar yang dibuat dengan teknik bintang warna. Bahan perintang yang digunakan adalah malam (lilin). Teknik bintang warna ini dilakukan dengan cara menorehkan malam panas menggunakan canting pada kain untuk menggambar. Bagian yang ditutup malam ini pada saat proses pewarnaan tidak akan terkena warna sehingga pada saat dilorod (menghilangkan malam) bagian ini tetap berwarna putih dan membentuk motif pada kain batik. Jika pembuatan ragam hias dilakukan dengan menggunakan canting, disebutlah batik tulis. Sementara itu, jika pembuatan ragam batik dilakukan dengan menggunakan alat uap, disebutlah batik uap. Batik printing tidak dapat dikategorikan sebagai batik karena tidak melalui teknik perintang warna. Batik printing sebenarnya adalah tekstil yang menggunakan ragam hias batik.

Sumber: Wenny Gratha, panduan mudah belajar membatik, Jakaria, remedia pustaka, 2012

Tentukan daya tarik isi buku nonfiksi tersebut!

Jawaban:

Jawaban soal di atas adalah cara pembuatan batik printing.Batik printing sebenarnya adalah tekstil yang menggunakan ragam hias batik.

Penjelasan:

“Nonfiksi memuat cerita atau narasi yang tidak khayali atau narasi-faktual. Artinya, buku fiksi bersifat realitas atau apa-apa yang dimuat mungkin terjadi. Sedangkan, buku nonfiksi bersifat aktualitas atau yang benar-benar terjadi.”

Jadi daya tarik isi buku nonfiksi adalah cara pembuatan batik printing.Batik printing sebenarnya adalah tekstil yang menggunakan ragam hias batik.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment